WHO Resmi Deklarasikan Cacar Monyet Sebagai Darurat Kesehatan Global

- 25 Juli 2022, 18:50 WIB
Ilustrasi - Penularan Cacar Monyet atau Monkeypox, gejala dan pencegahannya berdasarkan himbauan dari Kemenkes
Ilustrasi - Penularan Cacar Monyet atau Monkeypox, gejala dan pencegahannya berdasarkan himbauan dari Kemenkes /Pixabay/Alexandra_Koch

 

 
 
BERITA KBB - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan wabah cacar monyet sebagai darurat kesehatan masyarakat global. 
 
WHO telah mengumumkan keadaan darurat karena jumlah kasus cacar monyet meningkat.
 
Direktur Jendral WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan lebih dari 16.000 kasus cacar monyet telah dilaporkan dari 75 negara. Sejauh ini, sudah ada lima kematian akibat cacar monyet.
 
 
WHO juga telah menerbitkan serangkaian rekomendasi untuk mendorong negara-negara di seluruh dunia menghentikan penyebaran virus.
 
Pejabat kesehatan Afrika telah menyatakan wabah cacar monyet sebagai darurat kesehatan masyarakat. 
 
Epidemi tersebar luas di Afrika dan bahkan di negara-negara di mana penyakit ini belum pernah ditemukan sebelumnya.
 
 
WHO melaporkan bahwa cacar monyet telah menyebar ke negara - negara Afrika yang sebelumnya tidak terdeteksi. Ini termasuk Afrika Selatan, Ghana dan Maroko.
 
Saat ini, 90% infeksi di benua Afrika terjadi di Kongo dan Nigeria. Meskipun belum ada laporan kematian cacar monyet di luar Afrika, WHO Eropa telah mengumumkan bahwa pemerintah dan masyarakat di benua Afrika perlu mengambil tindakan pencegahan segera.
 
 
Kasus infeksi cacar monyet di seluruh dunia, 90% di antaranya diketahui terkonsentrasi di Eropa. Ada 31 negara di benua yang melaporkan penyakit cacar monyet.***
 

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x