Waduh, Jepang Ternyata Keliru Hitung Jumlah Total Pulaunya Selama 35 Tahun, Ini Dia Jumlah Pulau yang Benar

- 16 Februari 2023, 22:25 WIB
Jumlah total pulau-pulau di Jepang ternyata berubah drastis dalam 35 tahun terakhir, berikut jumlah pulau di Jepang terkini.
Jumlah total pulau-pulau di Jepang ternyata berubah drastis dalam 35 tahun terakhir, berikut jumlah pulau di Jepang terkini. /Pixabay/Hans Braxmeier

Berita KBB - Sebagai negara kepulauan di area seluas lebih dari ‪370.000‬ kilometer persegi dengan aktivitas vulkanik dan cuaca yang ekstrim, menghitung jumlah total pulau di Jepang ternyata bukan hal mudah.

Pulau-pulau di Jepang silih terbentuk dan menghilang seiring waktu. Dengan menggunakan teknologi pemetaan digital, ahli geografi kini menemukan bahwa jumlah total pulau di Jepang selama ini yang diklaim sebanyak 6.000 pulau, ternyata keliru.

Melansir The Guardian, dalam survei baru yang dilakukan untuk pertama kalinya sejak 35 tahun terakhir, pihak Otoritas Informasi Geospasial Jepang menghitung jumlah total pulau di Jepang mencapai 14.125 pulau.

Baca Juga: Ini Dia Daftar Cheat di GTA V PC yang Bisa Kamu Gunakan

Jumlah tersebut ternyata lebih dari 2 kali lipat dibanding angka yang diyakini selama 35 tahun terakhir ini. Meski demikian, badan tersebut mengatakan tidak terjadi perluasan wilayah perairan maupun wilayah keseluruhan Jepang.

Otoritas Informasi Geospasial Jepang meluncurkan penelitian baru terkait hal itu, menyusul kritikan bahwa data jumlah pulau sebelumnya sudah tidak mutakhir. Jumlah pulau yang ada saat ini bisa saja lebih banyak.

Diketahui, salah seorang anggota dewan dari partai Liberal Demokratik yang berkuasa, mendesak adanya penghitungan kembali jumlah pulau. Kepada parlemen di tahun 2021, iaa mengatakan bahwa jumlah pulau yang akurat menjadi perhatian nasional.

Baca Juga: Simak! 5 Ciri Hubungan yang Tidak Akan Bertahan Lama

Survei terakhir yang dilakukan pada 1987 oleh penjaga pantai menggunakan peta kertas untuk menghitung jumlah pulau. Untuk bisa dihitung sebagai pulau, sebuah daratan harus memiliki keliling setidaknya 100 meter. Dari kriteria tersebut, didapat total pulau sebanyak 6.852.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x