Korea Selatan Mulai Kembangkan Teknologi Jaringan 6G, Janjikan Koneksi 1.000 Kali Lebih Cepat Dibanding 5G

- 21 Februari 2023, 16:25 WIB
Ilustrasi Jaringan 6G
Ilustrasi Jaringan 6G /Pixabay/

Berita KBB - Di tengah-tengah pembangunan jaringan 5G yang masif di hampir seluruh belahan dunia, Korea Selatan mengumumkan akan meluncurkan jaringan 6G pada 2028.

Melansir dari The Korea Times, Selasa 21 Februari 2023, peluncuran ini lebih cepat 2 tahun dari jadwal yang direncanakan semula, dengan tujuan mengamankan keuntungan awal dalam frekuensi nirkabel masa depan.

Rencana peluncuran jaringan 6G ini ditandai oleh diumumkannya rencana K-Network 2030 oleh Menteri Keilmuan dan IT Korea Selatan.

Baca Juga: 3 Tempat Download Lagu MP3 Gratis, Bisa Full Album dan Salah Satunya Ada Gudang Lagu Terbaik 2023

Rencana tersebut bertujuan membangun teknologi 6G kelas dunia, berinovasi pada jaringan mobile generasi selanjutnya berbasis software, dan memperkuat rantai suplai jaringan tersebut.

Selain itu, K-Network 2030 ini juga bertujuan mendorong perusahaan-perusahaan lokal untuk memproduksi bahan, suku cadang, dan peralatan untuk teknologi 6G di Korea Selatan.

Rencana masa depan tersebut juga bertujuan membangun Radio Access Network (RAN) terbuka yang kompatibel dengan ponsel manapun dan memungkinkan penyedia layanan dan perusahaan-perusahaan untuk menawarkan layanan yang fleksibel.

Baca Juga: Nasib Tesla di Ujung Tanduk: Mobil Listriknya Kecelakaan Maut di Cina, Keteteran Hadapi BYD di Pasar Global

Dikabarkan, kementerian terkait sedang melakukan studi kelayakan untuk proyek penelitian dan pengembangan teknologi inti 6G senilai KRW625,3 miliar atau sekitar Rp7,32 triliun.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x