Program Empowering Youths Across ASEAN (EYAA) Cohort 3 2023 Dorong Perubahan Positif di Seluruh ASEAN

- 29 Juli 2023, 15:41 WIB
/Istimewa/

BERITA KBB - Merayakan semangat menuju Hari ASEAN pada 8 Agustus 2023, ASEAN Foundation dan Maybank Foundation memperkenalkan 120 relawan muda dan 10 perwakilan organisasi masyarakat sipil (CSO) dan wirausaha sosial terpilih dari seluruh ASEAN dalam upacara pembukaan Regional Capacity Building Workshop of eMpowering Youths Across ASEAN (EYAA): Cohort 3 di Universitas Chulalongkorn, Bangkok. 

Sebelum menerjuni program komunitas di lima negara ASEAN, Filipina, Indonesia, Kamboja, Malaysia dan Singapura, relawan muda akan menjalani regional capacity building workshop pada tanggal 24 sampai dengan 27 Juli 2023.

Workshop tersebut menjadi sarana bagi para relawan dan CSO untuk mempelajari keahlian project management lebih dalam dan menyelesaikan proposal program mereka.  

Baca Juga: Dongkrak Profil Kampus, Unisba Kukuhkan Empat Guru Besar

Program komunitas yang dilaksanakan oleh relawan pemuda dan CSO tersebut berupaya untuk menangani berbagai isu seputar topik seni dan budaya, pemberdayaan masyarakat, pendidikan, dan keanekaragaman lingkungan di lima negara. Sebagai contoh, inisiatif Thrive Together, Tenun.In Belu, dan BerDAYA dari Indonesia didedikasikan untuk pengembangan diri, memberdayakan pengrajin lokal, dan meningkatkan keterampilan kepemimpinan.

Inisiatif tersebut bertekad menciptakan dampak signifikan dengan memberdayakan individu, melestarikan warisan budaya, dan membentuk pemimpin masa depan yang akan menjadi aktor perubahan positif di komunitas masing-masing.

Dr. Piti Srisangnam, Direktur Eksekutif ASEAN Foundation, mengatakan Program EYAA: Cohort 3 merupakan simbol dari upaya kolaboratif berkelanjutan antara ASEAN Foundation dan Maybank Foundation untuk membuka potensi tak terbatas dari kaum muda dan komunitas ASEAN. Program ini merupakan katalisator yang hebat untuk perubahan besar serta membantu para relawan muda dalam memulai program komunitas untuk mengatasi masalah mendesak di seluruh ASEAN.”

Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata di Pronojiwo, Lumajang! Ada Obyek Baru Yang Keren dan Mudah Dijangkau Loh!

Sejalan dengan fokus Direktur ASEAN Foundation untuk memberdayakan kaum muda ASEAN dan mendorong transformasi positif di ASEAN, Chief Sustainability Officer dari Maybank Group Shahril Azuar Jimin mengatakan, “Di Maybank, kami berdedikasi untuk memberdayakan generasi muda dan mendorong kolaborasi untuk perubahan positif. Melalui kemitraan kami dengan ASEAN Foundation dalam program ini, kami bertujuan untuk menciptakan sebuah platform bagi anak muda pencetus perubahan agar dapat meningkatkan potensi mereka dan menciptakan dampak berkelanjutan komunitas mereka. Bersama-sama, kami berupaya untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi ASEAN dengan memupuk semangat dan inovasi generasi muda kita”.

Program EYAA menjadi platform pembelajaran yang imersif dengan mengusung misi kesukarelaan sosial. Para peserta EYAA merupakan anak muda berusia 19 hingga 35 tahun yang berasal dari sepuluh negara anggota ASEAN. Dalam program ini, kelompok majemuk anak muda pencetus perubahan akan memiliki kesempatan menarik untuk mewujudkan ide dan memulai program berdampak di negara-negara ASEAN terpilih.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x