Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum Apreseasi Musik Sunda Sebagai Alat untuk Mempopulerkan Bahasa Daerah

- 13 Agustus 2021, 22:44 WIB
 Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat menghadiri secara virtual Rapat Paripurna DPRD Kota Cirebon dalam rangka HUT ke-652 Kota Cirebon, Selasa, 10 Agustus 2021.
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat menghadiri secara virtual Rapat Paripurna DPRD Kota Cirebon dalam rangka HUT ke-652 Kota Cirebon, Selasa, 10 Agustus 2021. /Biro Adpim Jabar/

BERITAKBB - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menyambut baik Festival Lagu Pop Sunda Virtual yang diselenggarakan Badan Penghubung Jabar.

Hal itu diungkap Uu saat Grand Final yang diikutinya secara daring dari Rumah Singgah Wagub Jabar di Kabupaten Tasikmalaya, Jumat, 13 Agustus 2021.

"Saya mengapresiasi kegiatan kesenian Sunda khususnya musik pop sunda khas Jawa Barat," ujar Uu. 

Baca Juga: Lord Rangga Sunda Empire Ungkap Rahasia Mencapai Ilmu Spiritualnya: Puasa Setiap Hari Selama 11 Tahun

Menurutnya, seni suara yang indah apalagi dengan corak budaya yang khas merupakan potensi Jabar yang perlu dilestarikan.

Budaya pop dalam tradisi sunda juga diharapkan bisa mempopulerkan bahasa daerah ke generasi muda. Pun nilai- nilai budaya sunda yang luhur yang terkandung dalam setiap lagu, juga dapat diserap oleh masyarakat.

"Mudah- mudahan dengan adanya kegiatan pop sunda bisa mempopulerkan kembali budaya dan bahasa Sunda khususnya," harap Uu.

Baca Juga: Dukung Saur Sepuh, Sekda Kota Bandung Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

Kepala Badan Penghubung Jawa Barat Diana Ramadiany menuturkan kegiatan diselenggarakan memberikan ruang apresiasi terhadap para _nonoman_ atau kawula muda yang mencintai seni budaya dengan membawakan tembang lagu pop sunda.

"Tujuannya untuk melestarikan salah satu seni Jawa Barat dalam bidang oleh vokal," kata Diana.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah