Jangkau Warga yang Belum Melek Teknologi, Disdukcapil Kota Cimahi Bikin Terobosan Baru

- 31 Agustus 2022, 15:18 WIB
Jangkau Warga yang Belum Melek Teknologi, Disdukcapil Kota Cimahi Bikin Terobosan Baru
Jangkau Warga yang Belum Melek Teknologi, Disdukcapil Kota Cimahi Bikin Terobosan Baru /Instagram Pemkot Cimahi/

Berita KBB - Pelayanan administrasi kependudukan bagi warga Kota Cimahi kini semakin dipermudah dengan program jemput bola 4 in 1. Dengan terobosan baru itu, diharapkan bisa mewujudkan
RW tuntas administrasi kependudukan.

"Layanan jemput bola 4 in 1 merupakan layanan kependudukan yang hadir langsung ke tengah masyarakat," kata Kepala Bidang Pencatatan Sipil pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Cimahi, Rosi Desrita pada Rabu, 31 Agustus 2022.

Ia menjelaskan, pelayanan jemput bola tersebut akan menjangkau langsung masyarakat yang masih memiliki keterbatasan dalam mengakses teknologi. Rosi mencontohkan, misalnya masyarakat yang belum melek menggunakan cara daring hingga belum memiliki fasilitas seperti ponsel.

Baca Juga: Rekonstruksi Ulang Kasus Pembunuhan Brigadir J Terdapat 78 Adegan, Berikut Rinciannya!

Maka dari itu, pihaknya melakukan inisiatif dengan mengeluarkan program pelayanan jemput bola untuk empat administrasi sekaligus.

Dari mulai
akta kelahiran, akta kematian, akta perkawinan dan akta perceraian untuk non muslim.

"Layanan 4 akta ini akan memberikan manfaat secara langsung karena merupakan layanan terintegrasi. Ketika masyarakat membuat akta kelahiran, makan akan sekaligus mendapatkan kartu keluarga dan kartu identitas anak," terang Rosi.

Baca Juga: Download Lagu MP3 Di Youtube Gratis Tanpa Aplikasi Tambahan Hemat Kuota Dan Tanpa Ribet

"Ketika masyarakat melakukan pembuatan akta kematian, maka masyarakat akan mendapatkan akta kematian, KK dan KTP, karena adanya perubahan elemen data kependudukan. Pun demikian dengan pembuatan akta perkawinan dan akta perceraian, akan mendptkan akta, KK dan KTP denhan status yang baru," tambahnya.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x