Harga Bahan Baku Pembuat Tahu dan Tempe di Bandung Barat Kian Mahal

- 10 Oktober 2022, 23:05 WIB
Harga Bahan Baku Pembuat Tahu dan Tempe di Bandung Barat Kian Mahal
Harga Bahan Baku Pembuat Tahu dan Tempe di Bandung Barat Kian Mahal /Miradin Syahbana /

BERITA KBB -  Harga kedelai di pasar tradisional di Kabupaten Bandung Barat (KBB) kian tak terbendung. Harganya kini menyentuh Rp 15.000 per kilogram.

Seperti yang terpantau di Pasar Tagog Padalarang, Bandung Barat pada Senin, 10 Oktober 2022. Harga bahan baku tahu dan tempe itu naik perlahan dari Rp 12.000 dan kini naik lagi menjadi Rp 15.000 ribu.

"Naiknya itu bertahap, sebulan lalu Rp12.000 terus naik lagi menjadi Rp13.000, dan saat ini menjadi Rp15.000," tutur Ramadhan (25), salah seorang pedagang kedelai.

Baca Juga: Apa Itu Depresi Mayor, Penyakit Mental yang Diidap Mahasiswa UGM yang Bunuh Diri, Ini Gejala dan Pengobatannya

Dikatakannya, kenaikan harga kedelai itu dimulai sejak sebulan terakhir. Ramadhan tak tahu percis penyebab naiknya harga kedelai. Namun yang pasti kondisi ini membuat konsumennya mengeluh.

"Ini dikeluhkan juga oleh konsumen yang selalu belanja di kios saya. Mungkin tingginya harga kedelai ini berdampak juga pada penjualan," katanya.

Emak Jhon (58), pedagang lainnya menuturkan, harga kedelai saat ini diprediksi bakal terus melonjak naik, hal itu terlihat dari sulitnya mencari kacang hijau yang saat ini sulit didapat.

Baca Juga: Timnas Indonesia Batal Maju ke Asian Cup 2023, Ini 16 Negara yang Lolos ke Piala Asia U-‪17 2023‬

"Dampaknya ya saya sekarang sulit jualnya karena harga mahal. Kalau pasokan masih aman," ujarnya.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x