Gunung Padang Penuh Misteri, Dari Prabu Siliwangi Hingga Alien, Ini Kata Narasumber

- 11 Agustus 2023, 12:40 WIB
Selain Gunung Padang, Konon Prabu Siliwangi Pernah Bertapa di Situs Megalitikum Majalengka
Selain Gunung Padang, Konon Prabu Siliwangi Pernah Bertapa di Situs Megalitikum Majalengka /Tangapan layar/YouTube Kampung Ageung
 

BERITA KBB- Situs Gunung Padang yang berada di kota Cianjur, Jawa Barat memang menjadi cagar budaya yang wajib dilindungi dan dilestarikan.

Gunung Padang merupakan peninggalan zaman megalithikum, batuan besar yang disusun sampai teras ke lima. Terlihat sangat mengagumkan.

Di zaman dahulu, Gunung Padang ini digunakan sebagai sarana berkomunikasi dengan Tuhan. Banyak masyarakat sekitar yang mengatakan bahwa Gunung Padang juga adalah petilasan Prabu Siliwangi yang dimanfaatkan untuk bersemedi atau berdoa.
 
Baca Juga: Sinopsis Daftar Pemain Jodoh Terhalang Wasiat Bapak Jumat 11 Agustus 2023 Pukul 12.30 WIB

"Sejak dahulu selalu dikaitkan bahwa gunung padang ini pernah atau sempat, atau dimanfaatkan, digunakan di era Kerajaan Padjajaran atau dikenal dengan kerajaan Eyang Prabu Siliwangi..." Ujar Nanang, Polisi Khusus Cagar Budaya Gunung Padang.

Prabu Siliwangi dikenal sebagai Raja dari tatar Sunda yang namanya mahsyur akan kekuatan yang dimilikinya.

Hubungannya dengan gunung padang ini karena Prabu Siliwangi memanfaatkan gunung tersebut untuk kegiatan positif salah satunya bermusyawarah atau rapat bersama raja-raja dari seluruh nusantara.

"Menurut informasi yang saya dapatkan tiada lain di sini itu hanya untuk tempat bermusyawarah, tempat rapat, tempat berkumpul raja-raja di nusantara.." lanjut Nanang.

Ini menunjukkan bahwa peninggalan zaman megalithikum tersebut telah berdiri kokoh jauh sebelum kerajaan padjajaran ada.

Dari penjelasan Nana, ada batu yang dipercaya sebagai tempat bertapa Prabu Siliwangi di Gunung Padang itu.

Konon katanya, Prabu Siliwangi duduk di batu tersebut menghadap ke arah timur, tepat ke arah matahari terbit.

Gunung Padang ini memiliki 5 teras, teras paling tinggi merupakan teras ke lima, dan teras paling luas adalah teras kesatu.
 
Baca Juga: Jadwal Indosiar 11 Agustus 2023, Ada BRI Liga 1 PSM Makassar vs Bali United, Ini H2H Statistik dan Link Nonton

Setiap teras terdapat susunan batu seperti pembatas antar teras. Teras ke satu sebagai pondasi ilmu pengetahuan yang dikenal dengan gunung masigit.

"Maknanya adalah kita sebagai manusia kita harus bersujud maknanya kepada siapa? Kepada Tuhannya.." kata Nana menjelaskan makna gunung masigit.

Keberadaan Gunung Padang ini tentu sangat menyimpan misteri atau mitos dan cerita yang berkembang dari zaman ke zaman.

Bahkan, banyak dugaan bahwa Gunung Padang dibangun oleh Alien, juga sebagai tempat berkomunikasinya Alien dengan manusia.

Akan tetapi para ahli sejarah melalui berbagai pengamatan yang dilakukan,  meyakini bahwa Situs Gunung Padang dibuat oleh manusia.

Bahkan hingga saat ini banyak para arkeolog serta masyarakat yang mengunjungi secara langsung Situs Gunung Padang di Cianjur, Jawa Barat. *** 
 
 
 

Editor: Siti Mujiati

Sumber: YouTube Angelick Vaulina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x