Minimalisir Angka Korban Kecelakaan Laut, JQR Gelar Pelatihan Untuk Nelayan

- 16 Agustus 2023, 13:06 WIB
Jabar Quick Response bekerjasama dengan SAR Barakuda berhasil menyelenggarakan kegiatan JQR Nelayan Rescue Training di Pantai Timur, Kabupaten Pangandaran pada tanggal 11-12 Agustus 2023.
Jabar Quick Response bekerjasama dengan SAR Barakuda berhasil menyelenggarakan kegiatan JQR Nelayan Rescue Training di Pantai Timur, Kabupaten Pangandaran pada tanggal 11-12 Agustus 2023. /Istimewa/

BERITA KBB - Jabar Quick Response bekerjasama dengan SAR Barakuda berhasil menyelenggarakan kegiatan JQR Nelayan Rescue Training di Pantai Timur, Kabupaten Pangandaran pada tanggal 11-12 Agustus 2023. Sebanyak 70 nelayan, dari wilayah pesisir pantai Jawa Barat dibekali kemampuan penyelamatan di laut. 

Usman Mawardi Ketua Pelaksana JQR Nelayan Rescue Training menjelaskan, kegiatan JQR Nelayan Rescue Training ini bertujuan untuk memberikan sebuah pemahaman kepada para nelayan mengenai perilaku saling membantu apabila terjadi kecelakaan di laut.

"Jadi ketika ada masalah atau kecelakaan di laut, para nelayan tidak hanya mengandalkan tim Basarnas, Polairud, dan kepolisian saja, akan tetapi ada kesadaran dari nelayan kerelawanan untuk membantu penyelamatan, " ucapnya.

Baca Juga: Ono Surono Sebut A Hassan Banyak Sumbangkan Pemikiran untuk Bung Karno

Usman menambahkan, para pesertatelah dibekali pengetahuan materi maupun praktek, mulai dari materi-materi penyelamatan di laut. Pemateri dari kegiatan ini berasal dari pihak-pihak yang berkompeten seperti Polisi Air dan Udara Pangandaran, Pangkalan TNI Angkatan Laut Pangandaran dan Poltek KP Pangandaran. 

Usman berharap dari pelaksanaan kegiatan ini para peserta bisa menyebarkan materi yang didapatkan ke nelayan lainnya. Supaya meminimalisir korban dari kecelakaan di laut. 

"Berharap setelah kegiatan ini selesai, mereka lebih peduli akan keselamatan dirinya saat hendak melaut mencari ikan, dan besar harapanya ilmu yang didapatnya selama pelatihan 2 hari ini, bisa meminimalisir korban nelayan yang meninggal akibat kecelakaan saat melaut, " katanya. 

Baca Juga: Sinopsis Daftar Pemain Ftv Cinta OB Gengsi Gede-Gedean Rabu 16 Agustus 2023 Pukul 23.00 WIB

Usman menambahkan pelatihan ini merupakan bentuk kolaborasi pentahelix dari warga, lembaga, Komunitas, media, akademisi dan swasta. Dukungan dari pihak Jaswita, Migas Utama Jabar, Ron88 membuat kegiatan bisa berjalan lancar. 

Sementara itu, peserta dari Kabupaten Bekasi Surlim (50) dirinya mengaku sangat antusias saat dirinya mendengar pelatihan yang diadakan JQR untuk melatih para nelayan. 

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah