Hoax Video Gunung Galunggung Tasikmalaya Erupsi

- 27 Januari 2024, 08:23 WIB
Hoax Video Gunung Galunggung Tasikmalaya Erupsi
Hoax Video Gunung Galunggung Tasikmalaya Erupsi /

BERITA KBB-Gunung Galunggung yang terletak di Tasikmalaya, Jawa Barat Merupakan salah satu objek wisata yang dikelola Oleh Perhutani Alam Wisata (Econique) yang merupakan anak perusahaan dari Perum Perhutani.

Menanggapi isu Hoax Video erupsi di gunung galunggung maka dengan ini Bpk.Sumarsono selaku Manager Site Priangan pengelola Gunung Galunggung menyampaikan bahwa gunung galunggung hari ini tanggal 26 Januari 2023 keadaan kawah dalam status level 1 dimana itu adalah kondisi biasa dan tidak ada erupsi seperti hal nya yang sedang diramaikan di media sosial saat ini.

Adapun longsor terjadi pada dinding kawah bagian barat Gunung Galunggung. Longsoran masih terjadi hingga saat ini. Namun, status Gunung Galunggung dipastikan normal.

Baca Juga: Sinopsis Daftar Pemain Ftv Rebutan Hati Miss Cupu Sabtu 27 Januari 2024

Kejadian longsor pada dinding kaldera masih terekam di seimograf hingga tanggal 16 Maret 2023 dengan amplitudo semakin mengecil yaitu berkisar 1,5-2 mm, dan durasi 65-110 detik.

Pada tanggal 24 Maret 2023 longsoran masih terjadi namun dengan intensitas yang semakin melemah. Petugas di lapangan beserta jajaran terkait selalu memantau kondisi terkini dari perkembangan status Gunung Galunggung setiap harinya dan berkoordinasi dengan pihak pihak terkait dengan ke Gunung Apian, kenyataan di lapangan hari ini jumat 26 Januari 2023 pada pukul 13:00 WIB kondisi kawah Gunung Galunggung dalam kondisi normal dan aman, Dari keterangan yang dirilis PVMBG itu menyebutkan dari hasil pengamatan visual hingga 24 Maret 2023, baik melalui CCTV kawah dan pemantauan langsung di lapangan menunjukkan tidak terjadi perubahan aktivitas vulkanik di kawah Gunung Galunggung.

Site Manager beserta jajaran langsung meninjau lokasi kawah Gunung Galunggung untuk memberikan rasa tenang dan aman kepada para wisatawan juga warga sekitar daerah Tasikmalaya,
"Warna pada air danau kawah tidak mengalami perubahan yaitu berwarna hijau muda dan kekuning-kuningan, atau keruh. Asap dari tembusan solfatara tidak teramati, serta gas belerang tidak tercium. Suhu air danau kawah tidak mengalami perubahan, masih berkisar pada 23 sampai 25 derajat celsius," kata Kepala Badan Geologi Sugeng Mujiyanto dalam keterangan yang diterima, Jumat 24 Maret 2023.

Baca Juga: Sinopsis Daftar Pemain FTV Salfok Sama Seafoodnya Woii, Rendy Kjaernett dan Raisya Bawazier, Tayang 10:00 WIB

Maka isu isu yang beredar di masyarakat saat ini adalah isu yang tidak benar, kami selaku pengelola Objek Wisata Gunung Galunggung menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan lebih bijak dalam ber sosial media juga lebih teliti dalam memilah informasi yang ada dan kami juga memberitahukan bahwa Gunung Galunggung saat ini aman untuk dikunjungi dan juga berwisata. Untuk masyarakat yang akan berkunjung kami tunggu kedatangannya. Ayoook ke Galunggung***

Editor: Siti Mujiati


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x