Ziarah Kubur Pahlawan Reformasi, Aktivis 98: Jangan Biarkan Pelanggar HAM Memimpin Bangsa Ini

- 5 Februari 2024, 17:13 WIB
Ziarah Kubur Pahlawan Reformasi, Aktivis 98: Jangan Biarkan Elemen Orde Baru Bangkit
Ziarah Kubur Pahlawan Reformasi, Aktivis 98: Jangan Biarkan Elemen Orde Baru Bangkit /

BERITA KBB-Puluhan elemen aktivis 98 Jawa Barat dan lintas generasi, melakukan ziarah kubur terhadap Hafidhin Royan, salah satu pahlawan reformasi yang gugur saat menegakkan demokrasi 1998 silam.

Sejumlah aktivis 98 yang pernah berjuang bersama Almarhum Hafidhin, berdoa bersama dan tabur bunga diatas makam pahlawan reformasi tersebut.

Inisiator kegiatan, Lukman Nur Hakim menuturkan bahwa perjuangan reformasi belum tuntas. Meski banyak sekali pahlawan reformasi berguguran.

"Kita mengenang jasa kawan-kawan kita, yang telah mendahului kita semua dan telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk menegakkan reformasi dan memperjuangkan demokrasi di tanah air kita," kata Lukman, Senin 5 Februari 2024. 

Baca Juga: Sinopsis Cinta Untuk Guddan 5 Februari 2024 Alisha Datang Membuat Kekacauan, Aje dan Guddan Dihadapkan Masalah

Menurutnya situasi saat ini justru mirip tahun 1998 lantaran perjuangan menegakkan reformasi kini mulai terdegradasi.

"Justru hampir mirip ya, situasi sekarang dengan tahun 1998 dimana perjuangan kita, perjuangan reformasi ini terdegradasi oleh sistem oligarki," ujarnya.

Dikatakan Lukman, demokrasi yang terjadi saat ini bahkan terancam runtuh karena kekuasaan fasis.

"Kita lihat saja, demokrasi saat ini malah terancam dan mirisnya dilakukan oleh pemerintah yang seharusnya bagian dari pelindung demokrasi kita," tuturnya.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x