Ustadz Adi Hidayat: Perbuatan Sepele tetapi Dapat Merusak Seluruh Amal Kebaikan

- 3 Desember 2021, 10:54 WIB
Ustadz Adi Hidayat: Perbuatan Sepele tetapi Dapat Merusak Seluruh Amal Kebaikan
Ustadz Adi Hidayat: Perbuatan Sepele tetapi Dapat Merusak Seluruh Amal Kebaikan /Tangkap layar YouTube.com/ Adi Hidayat Official



BERITA KBB - Ustadz Adi Hidayat mengingatkan bahwa ada perbuatan yang begitu sepele, akan tetapi dapat merusak seluruh amal perbuatan yang baik tanpa disadari.

Firman Allah Al-Baqarah ayat 254:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تُبْطِلُوْا صَدَقٰتِكُمْ بِالْمَنِّ وَالْاَذٰىۙ كَالَّذِيْ يُنْفِقُ مَالَهٗ رِئَاۤءَ النَّاسِ وَلَا يُؤْمِنُ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ فَمَثَلُهٗ كَمَثَلِ صَفْوَانٍ عَلَيْهِ تُرَابٌ فَاَصَابَهٗ وَابِلٌ فَتَرَكَهٗ صَلْدًا ۗ لَا يَقْدِرُوْنَ عَلٰى شَيْءٍ مِّمَّا كَسَبُوْا ۗ وَاللّٰهُ لَا يَهْدِى الْقَوْمَ الْكٰفِرِيْنَ

Artinya:

"Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu merusak sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan penerima), seperti orang yang menginfakkan hartanya karena ria (pamer) kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari akhir.

Perumpamaannya (orang itu) seperti batu yang licin yang di atasnya ada debu, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, maka tinggallah batu itu licin lagi.

Baca Juga: TERBONGKAR Aurel Hermansyah Ternyata Awalnya Pernah Tidak Suka dengan Atta Halilintar, Ini Penyebabnya

Baca Juga: Chef Arnold Menjadi Juri MasterChef Indonesia Season 9, Ditemani Sang Anak Arthur Miles Poernomo

Mereka tidak memperoleh sesuatu apa pun dari apa yang mereka kerjakan. Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang kafir." (Al-Baqarah: 254)


Beliau pun menjelaskan, ayat di atas dimulai dengan kata "Hai orang-orang yang beriman" menandakan ayat Alquran tersebut tentang keimanan, semakin cepat meresponnya, semakin kuat pertanda keimanannya, begitupun sebaliknya.

Seluruh amal shaleh yang dikerjakan disebut shodaqoh, Shalat, zakat, membaca Alquran termasuk dalam shodaqoh.

Baca Juga: Inikah Buntut Akhir Hubungan Cut Syifa dan Mischa Chandra Winata, Pacaran?

Semua amalan yang baik (shadaqah) akan luntur hanya dengan satu perbuatan.

"Merasa ingin dipuji, merasa ingin disebut, gugur amalan, saat tampak itulah orang memuji kita, itu adalah Almanni, tapi tidak sadar bahwa yang sedang terjadi adalah "Adza" sedang mengugurkan amalan," tutur Ustadz Adi Hidayat pada kanal YouTube Audio Dakwah, tayang pada tanggal 27 Oktober 2021, yang bertajuk "Perbuatan Sepele Ini Dapat Menggugurkan Seluruh Amalanmu.


Hati-hati dengan 'Riya' yaitu perbuatan yang memperlihatkan sesuatu kepada orang lain, baik barang maupun perbuatan, dengan tujuan agar orang lain dapat melihat dan memujinya.

Baca Juga: Daebak! Segini Bayaran Aktris dan Aktor Top Korea, Kim Soo-hyun Dikabarkan Paling Tinggi

Satu perbuatan yang dicontohkan oleh ustadz Adi Hidayat yaitu, ketika seseorang membangun masjid, lalu ada satu orang yang memujinya.

"Kalau bukan karena bapak, masjid ini tidak akan jadi" lalu tanpa sadar hati bapak tersebut merasa bangga, dan tanpa sadar dia telah menginginkan pujian tersebut.

Kemudian besoknya bapak tersebut lebih rajin ke mesjid, karena baru satu orang, lalu banyak yang memuji dia.

Baca Juga: Profil dan Biodata Anrez Adelio, Pengganti Stefan William di Sinetron Anak Jalanan New Generation

Hal yang paling berbahaya, jika seseorang ikut menyumbang masjid, mendapat pujian, lalu merasa memiliki masjid tersebut, karena masjid adalah rumah Allah.

Kesimpulannya yaitu apapun perbuatan kita, harus tetap berhati-hati dengan tipu daya Iblis.

Saat beramal ikhlas karena Allah, akan tetapi bisa luntur, gugur semua perbuatan kebaikan, hanya dengan 'Riya'.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Kanal YouTube Audio Dakwah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah