Doa Akhir Tahun 2021 dan Awal Tahun 2022, Lengkap Arti dan Fadhilah yang Bisa Didapatkan

- 29 November 2021, 12:15 WIB
ILUSTRASI - Doa Akhir Tahun 2021 dan Awal Tahun 2022, Lengkap Arti dan Fadhilah yang Bisa Didapatkan
ILUSTRASI - Doa Akhir Tahun 2021 dan Awal Tahun 2022, Lengkap Arti dan Fadhilah yang Bisa Didapatkan /UNSPLASH/Masjid Pogung Dalangan



BERITA KBB-Lengkap tersedia doa akhir tahun dan awal tahun 2021-2022 Arab, arti, dan fadhilahnya.

Tahun 2021 tinggal menghitung hari akan segera berakhir dan berganti ke tahun 2022.

Satu tahun sudah dilalui banyak hal yang telah dilakukan dan dikerjakan. Pahala, dosa, kebaikan, dan keburukan pastilah tidak luput dilakukan oleh manusia.

Baca Juga: Profil dan Biodata Bens Leo Pengamat Musik Ternama yang Meninggal Dunia

Jelang akhir tahun 2021 menyambut tahun 2022 doa-doa terbaik bisa dilafalkan untuk keberkahan dan ampunan baik atas sesuatu yang telah dikerjakan atau yang akan dikerjakan kedepannya.

Anjuran membaca doa akhir tahun dan awal tahun pastinya menjadi sebuah anjuran baik bagi mereka yang mau dan niat untuk hal tersebut. Meskipun doa tidak hanya di awal dan akhir tahun namun doa akhir dan awal tahun memiliki fadhilah atau keutamaan.

Dilansir oleh Berita KBB dari berbagai sumber, berikut ini doa akhir dan awal tahun 2021-2022.



Doa Akhir Tahun


اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

"Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm,"

Baca Juga: Oki Setiana Dewi Berduka Atas Meninggalnya Ameer Azzikra, Putra Mendiang Ustadz Arifin Ilham

Artinya : Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu. Sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.

Baca Juga: RAFFI Ahmad Kuburkan Ari-ari Baby 'R' di Depan Rumah Andara, Simak Prosesnya

Fadhilah: Mendapatkan ampunan atas dosa dan kesalahan yang telah dilakukan jika berniat khusuk bertaubat dan tidak akan mengulanginya kembali. Niat dan doa baik oleh Allah akan dibalas dengan kebaikan.


Doa Awal Tahun


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ اَنْتَ اْلاَ بَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلاَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرَمِ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلُ وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ اَقْبَلَ اَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَ
اَوْلِيَائِهِ وَالْعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ اْلاَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَاْلاِشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِى اِلَيْكَ زُلْفَى يَاذَالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

"Bismillaahir-rahmaanir-rahiim. Wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwalu, wa ‘alaa fadhlikal-’azhimi wujuudikal-mu’awwali, wa haadza ‘aamun jadidun qad aqbala ilaina nas’alukal ‘ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa’ihi wa junuudihi wal’auna ‘alaa haadzihin-nafsil-ammaarati bis-suu’i wal-isytighaala bimaa yuqarribuni ilaika zulfa yaa dzal-jalaali wal-ikram yaa arhamar-raahimin, wa sallallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam,"

Baca Juga: Profil dan Biodata Nadzira Shafa Istri Ameer Azzikra yang Sang Suami Meninggal Dunia Ada Umur, Akun IG

Artinya: Dengan menyebut asma Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga Allah tetap melimpahkan rahmat dan salam (belas kasihan dan kesejahteraan) kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat Beliau. Ya Allah, Engkau Dzat Yang Kekal, yang tanpa Permulaan, Yang Awal (Pertama) dan atas kemurahan MU yang agung dan kedermawanan MU yang selalu berlebih, ini adalah tahun baru telah tiba. Kami mohon kepada MU pada tahun ini agar terhindar (terjaga) dari godaan syetan dan semua temannya serta bala tentara (pasukannya), dan (kami mohon) pertolongan dari godaan nafsu yang selalu memerintahkan (mendorong) berbuat kejahatan, Serta (kami mohon) agar kami disibukkan dengan segala yang mendekatkan diriku kepada MU dengan sedekat-dekatnya. Wahai Dzat Yang Maha Luhur lagi Mulia, wahai Dzat Yang Maha Belas Kasih."

Baca Juga: Profil dan Biodata Alvin Faiz yang Sang Adik Ameer Azikra Baru Saja Meninggal Dunia

Fadhilah: Dihindarkan dari gangguan jin, setan, dan diberikan pertolongan untuk mengendalikan hawa nafsu oleh Allah SWT.


Mendapatkan ridho dari Allah untuk selalu dekat dan hidup damai atas belas kasih Allah Sang Pencipta.

Itulah doa akhir tahun dan awal tahun 2021-2022.

Semoga doa terbaik yang diucapkan tulus dan ikhlas akan diijabah oleh Allah SWT untuk kebaikan di sepanjang tahun.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x