Keutamaan Sholat Dhuha, Bersedekah Atas Seluruh Anggota Tubuhnya

- 14 Maret 2022, 12:51 WIB
Ilustrasi : Sholat Dhuha
Ilustrasi : Sholat Dhuha /Pexels Monstera/

 

BERITA KBB-Sholat dhuha merupakan ibadah yang termasuk sunnah. Artinya, akan menjadi pahala bagi yang mengerjakannya namun tak akan menjadi dosa apabila ditinggalkan.

Meski demikian, sholat dhuha menjadi ibadah sunnah yang senantiasa dikerjakan Rasulullah SAW. Bahkan, Rasulullah mengingatkan umat nya untuk rutin menunaikan sholat dhuha.

"Kekasihku (Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam) telah berwasiat kepadaku tentang tiga perkara agar jangan aku tinggalkan hingga mati; Puasa tiga hari setiap bulan, shalat Dhuha dan tidur dalam keadaan sudah melakukan shalat Witir." (HR. Bukhari)

Baca Juga: Foto Kurus Unggahan Jin BTS Membuat ARMY Panik, WWH Kamu Baik-baik Saja?

Baca Juga: Daftar Rating Sinetron Terbaik di Indonesia Senin 14 Maret 2022

sholat dhuha tidak hanya selalu dikaitkan dengan kemudahan seorang muslim mendapatkan rejeki di dunia. Namun, masih banyak keutamaan sholat dhuha yang patut diketahui.

1. Sebagai Sedekah
Keutamaan sholat dhuha yang pertama adalah dianggapnya ibadah sunnah tersebut sebagai pahala sedekah. Secara lebih terperinci, siapa pun yang mengerjakan sholat dhuha akan dianggap telah bersedekah atas seluruh anggota tubuhnya. Berikut sabda dari Rasulullah SAW. 

"Setiap pagi, ruas anggota tubuh kalian harus dikeluarkan sedekahnya. Amar ma'ruf adalah sedekah, nahi mungkar adalah sedekah, dan semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua rakaat," (HR Muslim).

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x