Ensiklopedia Ramadhan: Hagia Sophia, Jejak Kejayaan Islam di Konstantinopel

- 4 April 2022, 14:28 WIB
Hagia Sophia, Istanbul, Turki
Hagia Sophia, Istanbul, Turki /Rashid/Unsplash/

 

BERITA KBB - Hagia Sophia atau Ayasofya adalah bangunan yang terletak di Istanbul merupakan bangunan yang bersejarah. Menjadi jejak kejayaan Islam di Konstantinopel saat itu.

Pernah menjadi gereja, juga katedral para era Byzantium. Hagia Sophia ditaklukan oleh Sultan Mehmed Al Fatih yang berhasil menaklukan Konstantinopel.

Hal tersebut pernah diwartakan dalam sabdi Nabi Muhammad Shalllallahu Alaihi Wa Sallam bahwa yang menaklukan Konstantinopel adalah sebaik baiknya pemimpin, sebaik baiknya pasukan.

Pada 1453 M berada dalam genggaman Sultan Mehmed Al Fatih menjadikan Hagia Sophia yang asalnya katedral dirubah menjadi Masjid.

Mempunyai banyak riwayat perubahan setelah runtunya kesultanan Utsmani, Hagia Sophia juga pernah menjadi Museum pada 1953 menjadi salah satu bangunan bersejarah yang dikunjungi oleh turis asing yang datang ke Turki.

Sampai pada Jumat 10 Juli 2020, Pemerintah Republik Turki melalui presiden Recep Tayyip Erdogan kembali menjadikan Hagia Sophia menjadi mesjid.

Simbol simbol, patung Maria, lonceng dan gambar gambar yang lainnya masih ada saat ini dan ditutup oleh kain hitam.

Ada juga beberapa kaligrafi yang ada di dalam masjid Hagia Sophia. Seperti Lafadz Allah Subhanahu Wa Taala, Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x