Ensklopedia Ramadhan: Masjid Badshahi, Masjid ' Kaisar ' di Pakistan yang Menjadi Warisan Dinasti Mughal

- 8 April 2022, 20:59 WIB
Ensklopedia Ramadhan: Masjid Badshahi, Masjid " Kaisar " di Pakistan yang Menjadi Warisan Dinasti Mughal
Ensklopedia Ramadhan: Masjid Badshahi, Masjid " Kaisar " di Pakistan yang Menjadi Warisan Dinasti Mughal / @mujirizdinar / Mahasiswi IIUI Pakistan

 

BERITA KBB - Masjid Badshahi merupakan salah satu masjid yang berada di Lahore Pakistan. Didirikan dan dibangun oleh Raja Aurangzeb seorang raja keenam dalam dinasti atau Kesultanan Mughal.
 
Karena masjid ini dibangun oleh salah satu raja atau kaisar. Penamaan masjid ini juga diambil dari bahasa persia " Badshah " yang berarti kaisar atau gelar tertinggi yang diberikan kepada kaisar atau raja.
 
Jadi masjid ini juga dijuluki dengan masjid Kaisar, karena dibangun juga oleh kaisar keenam Dinasti Mughal.
 
Kesultanan Mughal merupakan suatu negara yang pada kejayaannya menguasai di daerah yang sekarang adalah negara Afghanistan dan daerah Balochistan.
 
 
Dinasti Mughal menjadikan islam sebagai agama resmi mereka, namun beberapa masyarakat ada juga yang beragama Hindu.
 
Ketika selesai dibangun pada 1673, Masjid Badshahi menjadi masjid terbesar di imperium dinasti Mughal.
 
Masjid yang mempunyai kapasitas 100.000 ribu orang itu juga menjadi masjid yang menjadi ikonik dan landmark kota Lahore.
 
Masjid Kaisar ini mempunyai empat menara di bangunan utama masjid yang memiliki tinggi 54 Meter dan juga empat menara di luar bangunan.
 
Pembangunan masjid ini memakan waktu 3 tahun dari 1671 sampai 1673 dan menjadi pusat kota Lahore secara politik, ekonomi, budaya, dan keislaman pada dinasti Mughal dan bertahan sampai saat ini.
 
 
Banyak turis yang berkunjung ke Masjid Badshahi untuk melihat arsitekur ala Mughal, masjid ini sekilas mirip Taj Mahal di India. Menjadi destinasi wisata karena berada di pusat kota Lahore.
 
Masjid ini mempunyai tiga kubah bewarna putih seperti Taj Mahal, kemudian eskterior nya menggunakan batu pasir warna merah dengan perpaduan antara Asia Tengah dan arsitektur India.
 
Pemerintah Pakistan juga membuat musium kecil di gerbang masuk masjid Badshahi seperti peninggalan dari Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi WaSallam, Fatimah Az Zahra yang dibawa oleh Amir Taimur.
 
Arsitektur Dinasti Mughal memang meninggalkan jejak di beberapa negara saat ini.
 
Contohnya saja Taj Mahal, Benteng Agra, Benteng Allabad di India, Benteng Laghbadh di Bangladesh, Benteng Lahore Pakistan, Taman Babur di Afghanistan.
 
 
Masjid Badshahi bisa dijadikan rekomendasi destinasi wisata saat berkunjung ke Pakistan.
 
Saat ini Pemerintah Pakistan mengajukan Masjid Badshahi atau Kaisar untuk dijadikan situs warisan UNESCO dan sudah dimasukan ke daftar sementara daftar warisan dunia UNESCO.***
 

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x