Ensiklopedia Ramadhan: Masjid Al Qarawiyyin, Terletak di Fez Maroko, Jadi Masjid dan Universitas Tertua di Dun

- 5 April 2022, 14:12 WIB
 Universitas Al Qarawiyyin
Universitas Al Qarawiyyin /Al Qarawiyyin Official

 
BERITA KBB - Masjid Al Qarawiyyin atau biasa disebut Al Qaraouine dalam bahasa arab terletak di  Fez Maroko yang juga merupakan kota situs warisan dunia United Nation Educational Scientific and Cultural Organization ( UNESCO ).
 
Masjid Al Qarawiyyin juga merupakan universitas pertama di dunia. Menjadikannya Universitas tertua di dunia.
 
Dibangun pada 245 H / 859 M oleh Fatimah Al Fihri dan sepanjang sejarahnya telah mengalami serangkaian perubahan seiring pergantian periode pemerintahan para sultan sultan terdahulu. 
 
Fatimah Al Fihri adalah putri dari saudagar kaya Muhammad AL Fihri. Keluarga Al Fihri berasal dari Kairouan, Tunisia yang menghilhami dari nama masjid Al Qarawiyyin.
 
 
Saat ini universitas tertua tersebut masih menyimpan manuskrip yang disimpan di perpustakaan yang dibangun oleh Sultan Abu Inan Faris pada 1349.
 
Beberapanya ada buku Muwatha karya Imam Malik yang ditulis dari perkamen kijang, salinan buku dari buku Al I'bar karya Ibnu Khaldun.
 
Mata pelajaran di universitas tersebut mencakup Al Quran. Sunnah, Fiqh, Tata Bahas, Logika ( Manthiq ), kedokteran, matematika, astronomi, kimia, sejarah, geografi dan beberapa mata pelajaran lainnya.
 
Al Qarawiyyin menjadi universitas modern pada tahun 1947 dengan memberikan gelar akademik.
 
Masjid yang terletak di negeri Maghrib tersebut pernah menjadi masjid terbesar di Afrika Utara yang dapat menampung 20.000 lebih jamaah.
 
 
Desain Al Qarawiyyin mempunyai desain sederhana dengan warna putih sebagai warna dasar. Bentuk masjid ini telah mengalami perubahan dari evolusi panjang lebih dari 1000 tahun.
 
Tercatat alumni yang pernah belajar di sana ada beberapa ulama seperti Ibnu Khaldun, Ibn Al Qadhi, Lisan Ad Din Al Khatib, 
 
Kementrian Wakaf dan Urusan Islam di Maroko membangun sebuah lembaga pendidikan kuno bernama Fatimah Al Fihri, diambil dari nama pendiri masjid Al Qarawiyyin.
 
Al Qarawiyyin mempunyai peran yang strategis dalam pertukaran pelajar dan transfer ilmu pengetahuan antara dunia Islam dan Eropa.
 
Bahkan Universitas ini pernah disebutkan menjadi cikal bakal munculnya Universitas Al Azhar Kairo Mesir dan Universitas Zaitunah di Tunisia.
 
Universitas Al Qarawiyyin masih ada sampai saat ini, masih melakukan kegiatan akademik sehingga menjadi bukti sejarah yang nyata.
 
Juga Al Qarawiyyin dan bangunan yang bersejarah yang ada di Fez yang membuat kota ini dinisbahkan menjadi situs warisan UNISCO.
***
 

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x