Dahsyatnya Keutamaan Doa di Sepertiga Malam, Simak Penjelasannya!

- 13 Juni 2022, 13:23 WIB
Doa yang bisa dibaca saat sujud adalah doa agar diampuni seluruh dosa/ Pexels/MichaelBurrows/
Doa yang bisa dibaca saat sujud adalah doa agar diampuni seluruh dosa/ Pexels/MichaelBurrows/ /
 
BERITA KBB - Berdoa di sepertiga malam ini memang sudah terkenal dikalangan masyarakat. Mustajab nya berdoa ketika waktu itu pun sudah tak diragukan lagi.
 
Sepertiga malam merupakan waktu yang istimewa untuk berdoa dan beribadah. 
 
Di jelaskan bahwa waktu malam dihitung dari mulai tenggelamnya matahari (waktu Maghrib) hingga terbit fajar Shubuh. 
 
 
Jika waktu Maghrib pukul 18.00 dan waktu Shubuh pukul 04.00, berarti waktu malam ada sekitar 10 jam.
 
Pertengahan malam berarti jam 11 malam. Sedangkan sepertiga malam terakhir dimulai jam 1 dini hari.
 
Biasanya, sepertiga malam diisi oleh umat Islam dengan berdoa, salat tahajud, dan memohon ampunan Allah SWT. 
 
 
Pada jam - jam itu lah doa sangat mudah untuk dikabulkan oleh Allah SWT, gangguan pun tak sedikit ketika kita akan melaksanakan shalat dan berdoa ketika jam - jam tersebut. Dimulai dari takut karena sudah larut malam, ngantuk, cape dan masih banyak hal lainnya.
 
Sebab itu lah waktu sepertiga malam disebut sebagai waktu yang istimewa, dimana di saat itulah ujian bagi keikhlasan, keimanan dan kecintaan seorang muslim pada Allah SWT dan rasul.
 
Padahal dahsyat nya keutamaaan berdoa dalam sepertiga malam dijelaskan langsung oleh Rasulullah SAW. 
 
 
Rasulullah Muhammad SAW mengatakan dalam sebuah hadis: “Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan doa pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya,” (HR. Muslim).
 
Hal tersebut pun disampaikan juga oleh Abu Hurairah dalam hadist nya.
 
Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, yang artinya: “Rabb kita tabaroka wa ta’ala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata: ‘Siapa yang melakukan doa pada-Ku, aku akan memperkenankan doanya. Siapa yang meminta pada-Ku, pasti akan Kuberi. Dan siapa yang meminta ampun pada-Ku, pasti akan Kuampuni,” (HR. Bukhari dan Muslim)
 
Selain itu, adapun beberapa keutamaan berdoa disepertiga malam yakni :
 
1. Dekat dengan Allah SWT
Berdoa disepertiga malam adalah salah satu cara seorang muslim untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT. Dimana ia yang melaksanakan ibadah dalam jam - jam itu memiliki niat yang kuat, sehingga dapat melawan gangguan akan tidak terlaksananya ibadah disaat itu.
 
Maka dari itu beribadah dan berdoa ketika waktu itu adalah cara agar kita dekat dengan Allah sehingga doa kita akan terkabul, hal itu wujud kasih sayang Allah kepada hambaNya.
 
Seperti yang disampaikan oleh hadist :
Dari Jabir bin ‘Abdillah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan do’a pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya.” (HR. Muslim no. 757). 
 
2. Wujud Syukur
Berdoa di sepertiga malam merupakan salah satu wujud syukur yang kita tunjukkan kepada Allah karena masih diberikan kesempatan untuk hidup dan melakukan banyak amal kebaikan untuk bekal hidup yang bahagia di akhirat.
 
"Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Rabb-mu-lah hendaknya kamu berharap.” [Asy-Syarh/94 : 7-8). 
 
3. Memudahkan Urusan Dunia dan Akhirat
Memanjatkan doa ketika diwaktu sepertiga malam adalah jalan terbaik untuk kita meminta kepada Allah agar dimudahkan nya urusan dunia ataupun akhirat.
 
"Dan bersabarlah dalam menunggu ketetapan Rabb-mu, maka sesungguhnya kamu berada dalam penglihatan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Rabb-mu ketika kamu bangun berdiri, dan bertasbihlah kepada-Nya pada be-berapa saat di malam hari dan waktu terbenam bintang-bintang (di waktu fajar).” [Ath-Thuur/52: 48-49]."
 
Itulah dahsyatnya keutamaaan ketika berdoa disepertiga malam. Semoga bermanfaat dan selamat beribadah.***
 

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x