Ini Dia 3 Amalan Yang Pahalanya Terus Mengalir Meski Telah Wafat

- 14 Juni 2022, 15:07 WIB
3 alaman yang tak berhenti meski telah wafat
3 alaman yang tak berhenti meski telah wafat /
 
 
 
BERITA KBB - Perlu kalian ketahui bahwa ketika saudara, kaka, orang tua, teman atau siapapun orang terdekat kalian sudah wafat, ada 3 amalan yang tak akan pernah putus meski dirinya sudah tidak ada didunia lagi.
 
Adapaun tiga amalan yang tidak terputus pahalanya meski orang itu sudah meninggal dunia adalah sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakan kedua orang tuanya. 
 
Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, yang berbunyi:
 
 
 عن أبي هريرة رضي الله عنه: أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: إذَا مَاتَ الإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إلاَّ مِنْ ثَلاَثَةِ: إِلاَّ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ 
Artinya: Dari Abu Hurairah RA berkata: Rasulullah bersabda: "Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang mendoakan kepadanya." (HR Muslim).
 
Sesuai dengan hadist diatas, bahwasannya 3 amalan tersebut akan terus mengalir meski sekalipun seseorang tersebut telah wafat.
 
Dilansir diberbagai sumber, berikut ini ialah yang dimaksud dengan Sedekah Jariah, Ilmu yang bermanfaat dan anak yang shaleh.
 
 
1. Sedekah jariyah 
Dalam Al-Quran menyebutkan sedekah dengan istilah lain seperti shiddiq, shodaqoh yang artinya bisa sebagai pemberian atau bisa juga diartikan sebagai qardhul hasan, “pinjaman yang baik”. 
 
Dengan begitu, orang yang melakukan sedekah pada hakikatnya merupakan orang yang sudah “meminjamkan harta” kepada Allah. Nantinya, Allah Yang Mahakaya pasti akan mengembalikan pinjaman tersebut tentunya dengan pengembalian yang berlipat ganda.
 
Sementara kata “jariyah” artinya mengalir. Dalam hal ini berarti pahalanya mengalir dan tidak akan terputus. Itulah mengapa, sedekah jariyah disebut juga sebagai sedekah yang memiliki ganjaran dan pahala tanpa terputus.
 
2. Ilmu yang bermanfaat 
 
Seseorang yang memiliki ilmu dan menyebarkan ilmu yang dia punya kepada orang lain. Jika ilmu tersebut tersebar luas, maka pahalanya akan terus mengalir kepada orang yang mulanya mengajarkan ilmu tersebut. 
 
Seseorang yang mengajarkan ilmu kepada orang lain kemudian diamalkan atau diajarkan lagi kepada orang lain maka ia mendapat pahala seperti pahala orang yang mengamalkannya atau yang mengajarkannya sekalipun dia telah meninggal dunia. 
 
 
3. Doa anak saleh 
Doa kepada orang tua menjadi amalan yang tidak terputus meski telah meninggal dunia. Anak yang sholeh senantiasa tidak akan lupa untuk mendoakan orang tuanya baik semasa hidup maupun telah meninggal dunia.
 
Hal itu dapat membuat tabungan amalan untuk kedua orang tua ketika sudah meninggal.
 
Sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam hadist riwayat At-Tirmidzi, Dari Abdullah bin Umar RA, Rasulullah SAW bersabda: "Keridaan Allah bergantung kepada keridaan kedua orang tua dan murka Allah juga bergantung kepada murka kedua orang tua." (HR. At-Tirmidzi).***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x