Tak Kalah Istimewa dari Bulan Ramadhan, Inilah Pengertian Hingga Keutamaan Nisfu Sya'ban

- 8 Maret 2023, 08:09 WIB
Ilustrasi. Bacaan Doa Setelah Membaca Surat Yasin di Malam Nisfu Sya'ban Bahasa Arab, Latin dan Artinya
Ilustrasi. Bacaan Doa Setelah Membaca Surat Yasin di Malam Nisfu Sya'ban Bahasa Arab, Latin dan Artinya /Mantra Sukabumi /Freeimages
 
BERITA KBB - Kapan Nisfu Sya'ban 2023? Setiap tahunnya, Nisfu Sya'ban jatuh di hari yang berbeda menurut kalender Masehi. 
 
Hal ini terjadi karena Nisfu Sya'ban harus mengikuti perhitungan kalender Hijriyah.
 
Bulan spesial tersebut memiliki banyak sekali keutamaan, mulai dari pengampunan dosa hingga mendapatkan keberkahan. 
 
Nah, agar tidak ketinggalan momentum Nisfu Sya'ban, yuk, simak penjelasan kapan Nisfu Sya'ban beserta keutamaannya sebagai berikut!
 
 
Pengertian Nisfu Sya'ban
 
Secara etimologi, Nisfu Sya'ban terdiri dari dua kata, yakni nisfu dan Sya'ban. Nisfu sendiri berasal dari kata Arab, yakni nisf yang memiliki arti separuh. Dilansir laman resmi Jatim NU, Nisfu Sya'ban dijelaskan sebagai malam pertengahan bulan Sya'ban.
 
Berdasarkan dari penjelasan tersebut, dapat diketahui bahwa Nisfu Sya'ban ini jatuh pada tanggal 15 Sya'ban 1444 H. Di laman tersebut juga dijelaskan bahwa Rasulullah SAW menaruh perhatian khusus pada bulan Sya'ban. Hal tersebut ditunjukkan dalam hadis riwayat Aisyah RA yang berbunyi,
 
"Dari Aisyah Radhiyallahu Anha berkata bahwa Rasulullah SAW bangun pada malam dan melakukan shalat serta memperlama sujud, sehingga aku menyangka beliau telah diambil. karena curiga maka aku gerakkan telunjuk beliau dan ternyata masih bergerak. Ketika beliau mengangkat kepalanya dari sujud dan selesai dari shalatnya, beliau berkata: Wahai Asiyah, (atau Wahai Humaira’), apakah kamu menyangka bahwa Rasulullah tidak memberikan hakmu kepadamu?Aku menjawab: Tidak ya Rasulallah, namun aku menyangka bahwa Anda telah dipanggil Allah karena sujud Anda lama sekali. Rasulullah SAW bersabda: Tahukah kamu malam apa ini? Aku menjawab: Allah dan rasul-Nya lebih mengetahui. Beliau bersabda: Ini adalah malam Nisfu Sya’ban (pertengahan bulan sya’ban). Dan Allah muncul kepada hamba - hamba-Nya di malam nisfu Sya’ban dan mengampuni orang yang minta ampun, mengasihi orang yang minta dikasihi, namun menunda orang yang hasud sebagaimana perilaku mereka," (HR Al-Baihaqi).
 
 
Keutamaan Nisfu Sya'ban
 
Bulan Sya'ban merupakan bulan yang jatuh tepat sebelum bulan Ramadhan. Dijelaskan dalam laman Pengadilan Agama Tulungagung, di bulan tersebut terdapat keutamaan - keutamaan yang tidak ada di bulan - bulan lainnya, terutama pada malam Nisfu Sya'ban.
 
Di laman tersebut juga mencantumkan beberapa dalil yang menjelaskan mengenai keutamaan - keutamaan dari Nisfu Sya'ban, antara lain:
 
1. Berdoa agar dihindarkan dari takdir-takdir yang buruk
 
Fihā yufraqu kullu amrin hakīm(in).
 
"Di malam itu diturunkan setiap takdir dari Yang Maha Bijaksana," (QS. Ad-Dukkhan: 4).
 
2. Mendapatkan ampunan dari Allah SWT
 
 Berdasarkan hadis riwayat Aisyah RA, beliau pernah mengatakan,
 
"Sesungguhnya Allah ‘Azza Wajalla turun ke langit dunia pada malam Nisfu Sya'ban dan mengampuni lebih banyak dari jumlah bulu pada kambing Bani Kalb (salah satu kabilah yang punya banyak kambing), (HR At-Tabarani dan Ahmad)."
 
3. Dikabulkan doa-doanya
 
Melalui Kitab Mukhtashor Al-Fatawa Al-Mishriyyah jilid 1, halaman ‪291-292‬, dijelaskan bahwa Abdullah Bin Umar Radhiyallahu ‘Anhu pernah mengatakan,
 
“Ada lima malam di mana jika seseorang berdoa di malam itu, doanya akan dikabulkan. Malam - malam itu adalah: malam Jumat, awal malam Rajab, Malam Nisfu Sya’ban, Malam Idul Fitri, dan malam Idul Adha."
 
Dilansir laman NU Online, pada tanggal 20 Februari 2023, Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nadlatul Ulama (LF PBNU) tidak berhasil melihat hilal yang menandai awalnya bulan Sya'ban. 
 
Berdasarkan dari data tersebut, LF PBNU akhirnya memutuskan untuk menggenapkan hitungan bulan Hijriyah menjadi 30 hari atau yang disebut istikmal.
 
Berlandaskan dari perhitungan istikmal tersebut, LF PBNU mengumumkan bahwa 1 Sya'ban 1444 H jatuh pada tanggal 22 Februari 2023. 
 
Berdasarkan perhitungan tersebut, Nisfu Sya'ban dimulai pada hari Rabu 8 Maret 2023. Dengan demikian, malam Nisfu Sya'ban jatuh pada Selasa petang, yakni pada 7 Maret 2023.
 
Nah, itu dia pembahasan kapan Nisfu Sya'ban 2023 beserta keutamaannya. Jangan lupa persiapkan ibadah terbaikmu di bulan baik ini, ya!.***

Editor: Siti Mujiati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x