Peresmian Flyover Kopo Hingga 3 Lokasi Infrastruktur Pengendali Banjir oleh Presiden Jokowi di Kota Bandung

- 8 Maret 2023, 07:45 WIB
Fly Over Kopo
Fly Over Kopo /Humas Kota Bandung/

Berita KBB – Kehadiran Presiden Joko Widodo ke Kota Bandung dalam agenda peresmian beberapa lokasi infrastruktur diantaranya yaitu peresmian pembangunan Flyover Kopo yang dianggap sebagai langkah pemerintah dalam meminimalisir kemacetan, juga terdapat tiga lokasi infrastruktur lain.

Tiga lokasi yang dimaksud merupakan sebuah proyek pembangunan sebuah Kolam Retensi Andir, Kolam Retensi Cieunteung, dan Floodway Cisangkuy di Kabupaten Bandung. Proyek pembangunan ketiga kolam tersebut juga disebut sebagai upaya pemerintah Kota Bandung dalam mengatasi permasalahan banjir.

"Pada sore hari ini saya resmikan Kolam Retensi Andir, Kolam Retensi Cieunteung, dan Floodway Cisangkuy di Kabupaten Bandung, dan Flyover Kopo di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat,” ucap Presiden saat melakukan peresmian, di Kawasan Kolam Retensi Andir, Minggu 5 Maret 2023 lalu.

Baca Juga: Info Syarat dan Lokasi Layanan Perpanjangan SIM A dan SIM C di Mobil Simling Bandung 6 Maret-12 Maret 2023

Keterangan terkait jumlah anggaran yang dikeluarkan dari keseluruhan proyek pembangunan turut disampaikan oleh Presiden, pasalnya untuk proyek pembangunan Kolam Retensi Cieunteung juga Kolam Retensi Andir masing-masing menghabiskan Rp142 miliar hingga Rp204 miliar.

Selain adanya kolam retensi, dalam kegiatan tersebut juga Jokowi resmikan Flyover Kopo yang ada di Kota Bandung dengan menghabiskan anggaran sebesar Rp288 miliar.

"Totalnya yang telah dibangun oleh pemerintah pusat di Kota Bandung dan di Kabupaten Bandung sebesar Rp1,26 triliun,” ucapnya.

Selain tiga infrastruktur yang baru diresmikan Presiden Jokowi itu, ujar Menteri PUPR Basuki Hadimujono, Terowongan Nanjung yang sudah ada sebelumnya juga turut membantu penyelesaian masalah banjir di Kabupaten Bandung.

"Kemudian sudah ada juga lima folder air di daerah cekungan ini, tinggal dua folder air lagi akan dibangun tahun ini maka akan ada tujuh. Harapannya banjir tidak ada lagi," kata Menteri Basuki, dikutip dari ANTARA.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: antaranews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x