Mau Mudik Lebaran? Simak Syarat, Tata Cara dan Niat Shalat Qashar dan Jamak Qashar Taqdim dan Takhir Berikut

- 13 April 2023, 20:15 WIB
Berikut syarat, tata cara dan niat shalat qashar dan jamak qashar taqdim dan takhir untuk perjalanan jauh.
Berikut syarat, tata cara dan niat shalat qashar dan jamak qashar taqdim dan takhir untuk perjalanan jauh. /Unsplash

 

Berita KBB - Jelang Lebaran, Umat Muslim di Indonesia biasanya akan melaksanakan tradisi mudik atau pulang kampung. Hal ini terutama bagi mereka yang tinggal di perantauan atau terpisah jauh berbeda daerah dari orang tua dan ingin berlebaran bersama-sama.

 

Dalam pelaksanaan mudik ini, waktu tempuh untuk menuju kampung halaman biasanya memakan waktu beberapa jam hingga bahkan melebihi sehari. Satu persoalan yang dihadapi umat Muslim yang mudik adalah kelancaran melaksanakan shalat di perjalanan.

 

Hal ini karena situasi dan kondisi kadang tidak memungkinkan untuk berhenti sejenak di masjid saat di perjalanan, seperti karena terjebak macet ataupun mudik menggunakan transportasi yang tidak bisa bebas berhenti seperti kereta api, kapal atau pesawat.

Baca Juga: Syarat, Tata Cara dan Niat Shalat Jamak Taqdim dan Takhir Untuk Perjalanan Jauh, Pemudik Lebaran Wajib Paham!

Untuk mengantisipasi bahaya meninggalkan shalat akibat situasi tersebut, umat Muslim yang melaksanakan mudik Lebaran dapat menggabungkan atau menyingkat 2 waktu shalat. Hal ini merupakan bentuk keringanan dari Allah SWT bagi umat-Nya yang berpergian jauh.

 

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x