4 Amal Ibadah di 10 Hari Pertama Dzulhijjah Untuk Menyambut Idul Adha, Nomor 3 Bisa Hapus Dosa Selama 2 Tahun!

- 24 Juni 2023, 18:59 WIB
Berikut 4 amal ibadah yang bisa dilaksanakan pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah untuk menyambut Idul Adha, yang mana salah satu keutamaannya dapat menghapus dosa selama 2 tahun.
Berikut 4 amal ibadah yang bisa dilaksanakan pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah untuk menyambut Idul Adha, yang mana salah satu keutamaannya dapat menghapus dosa selama 2 tahun. /madaninews/

Berita KBB - Bulan Dzulhijjah yang dikenal sebagai bulan ibadah haji dan ibadah kurban, merupakan salah satu dari 4 bulan hijriah yang mulia bagi Allah SWT. Keempat bulan yang dimaksud yakni Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab.

Sebagai bagian dari 4 bulan mulia ini, pada bulan Dzulhijjah, umat Islam amat dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah. Pasalnya, banyak keutamaan dari melaksanakan ibadah-ibadah di 10 hari pertama bulan haji ini hingga tibanya Hari Raya Idul Adha.

Dilansir NU Online, hal ini sebagaimana salah satu hadits riwayat At-Tirmidzi, yang mana Rasulullah SAW bersabda:

 مَا مِنْ أَيَّامٍ أَحَبَّ إِلَى اللّٰهِ أَنْ يُتَعَبَّدَ لَهُ فِيْهَا مِنْ عَشْرِ ذِي الْحِجَّةِ يَعْدِلُ صِيَامُ كُلِّ يَوْمٍ مِنْهَا بِصِيَامِ سَنَةٍ وَقِيَامُ كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْهَا بِقِيَامِ لَيْلَةِ الْقَدْرِ

Artinya: “Tidak ada hari-hari yang lebih Allah sukai untuk beribadah selain 10 hari pertama bulan Dzulhijjah, 1 hari berpuasa di dalamnya setara dengan 1 tahun berpuasa, satu malam mendirikan shalat malam setara dengan shalat pada malam Lailatul Qadar.” (HR At-Tirmidzi).

Baca Juga: Penyembelihan Hewan Kurban Idul Adha, Apakah Harus Selalu di Halaman Masjid? Simak Penjelasannya Berikut Ini

Berikut ini amal ibadah yang utama dilakukan di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah menjelang Idul Adha, selain dari ibadah haji sebagai rukun Islam yang kelima:

  1. Puasa Sunah 1-7 Dzulhijjah

Syekh Zakaria al-Anshari dalam Asnâ al-Mathâlib menjelaskan, umat Muslim disunahkan berpuasa selama seminggu pertama bulan Dzulhijjah, tepatnya mulai tanggal 1 sampai 7 Dzulhijjah.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x