Penyembelihan Hewan Kurban Idul Adha, Apakah Harus Selalu di Halaman Masjid? Simak Penjelasannya Berikut Ini

- 24 Juni 2023, 17:00 WIB
Berikut informasi mengenai hukum penyembelihan hewan kurban Idul Adha di luar lingkungan masjid, jika kondisi tempatnya tidak memungkinkan.
Berikut informasi mengenai hukum penyembelihan hewan kurban Idul Adha di luar lingkungan masjid, jika kondisi tempatnya tidak memungkinkan. /Pixabay

 

Berita KBB - Hari Raya Idul Adha identik dengan menyembelih hewan kurban berupa sapi, kambing, atau domba. Penyembelihan biasanya dilaksanakan di halaman masjid setelah shalat Idul Adha selesai.

 

Bila masjid tempat penyelenggaraan shalat Idul Adha memiliki halaman yang luas, penyembelihan hewan kurban dapat dilakukan langsung di sana. Sapi, kambing dan domba yang akan disembelih biasanya ditambatkan di sekitar masjid selama takbiran dan shalat.

 

Cukup dengan menggali atau membuat lubang untuk menampung darah hewan kurban, maka penyembelihan dan pemotongan daging bisa dilaksanakan di sekitar halaman masjid tanpa masalah.

Baca Juga: Rating Acara TV Jumat 23 Juni 2023, Bidadari Surgamu Kembali ke Puncak, Takdir Cinta yang Kupilih Terperosok

Dilansir NU Online, hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Imam Syaukani dalam kitab Nailul Authar Jilid 5 halaman 212. Penyembelihan di lingkungan masjid, dimaksudkan agar kaum fakir miskin yang berhak menerima, dapat melihat pemotongan hewan kurban langsung.

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x