Sama-Sama Dapat Hapus Dosa, Berikut Perbedaan Keutamaan Puasa Asyura 10 Muharram dengan Puasa Arafah

- 26 Juli 2023, 13:02 WIB
Bacaan doa Asyura 10 Muharram yang dianjurkan
Bacaan doa Asyura 10 Muharram yang dianjurkan /
 

Berita KBB - Puasa Asyura merupakan sebuah amalan sunnah yang dapat dilakukan umat Islam pada bulan Muharram. Ibadah ini dilaksanakan pada hari ke-10 Muharram dan didahului oleh Puasa Tasu'a pada hari ke-9.

Dikutip dari NU Online, puasa Asyura memiliki beberapa keutamaan, terlebih amalan ini termasuk yang sangat dianjurkan oleh Islam. Diriwayatkan oleh Muslim, Rasulullah SAW bersabda, puasa Asyura merupakan puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan.

Puasa Asyura tidak kalah utama dengan puasa Ramadhan, karena dalam hadits tersebut juga dikatakan bahwa bulan Muharram ini merupakan bulannya Allah. Apa saja keutamaan-keutamaan dari ibadah sunnah muakkad ini? Berikut pembahasannya.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Efek, Berikut Daftar dan Profil Pemain Top Yang Pindah Ke Liga Arab

Keutamaan Puasa Asyura di antaranya yakni dapat menghapuskan dosa yang diperbuat selama setahun ke belakang. Hal ini sebagaimana hadits riwayat at-Tirmidzi dari sahabat Abu Qatadah, yang mana Rasulullah SAW bersabda:


“Puasa Hari Asyura, aku berharap kepada Allah agar ia mengampuni dosa setahun yang lalu.” (HR at-Tirmidzi).


Keutamaan ini dipertegas oleh hadits riwayat Muslim, bahwa ketika seseorang bertanya pada Rasulullah SAW terkait puasa Asyura, beliau menjawab “(Puasa tersebut) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR Muslim)


Adapun dosa yang diampuni adalah dosa-dosa kecil. Jika orang yang melaksanakan puasa Asyura tidak memiliki dosa kecil, maka diharapkan mendapat keringanan atas dosa besar. Namun jika tidak ada dosa besar, maka Allah mengangkat derajatnya.


Keutamaan puasa Asyura ini berbeda dengan keutamaan yang dimiliki puasa Arafah. Puasa yang dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah ini selain menghapus dosa setahun ke belakang, juga dapat menghapus dosa setahun ke depan.


Puasa Arafah hanya dikhususkan bagi Rasulullah SAW dan umatnya, sehingga keutamaannya lebih besar dibandingkan puasa Asyura yang juga dilakukan Nabi Musa AS dan umatnya.

Baca Juga: Jadwal Trans TV Rabu 26 Juli 2023 Tayang Film COLLID dan DONNIE DARKO

Pada sejarahnya, puasa Asyura awalnya ditunaikan oleh kaum Yahudi di Madinah untuk memperingati hari di mana Allah SWT menyelamatkan Nabi Musa dan umatnya dari kejaran bala tentara Fir’aun, dengan menenggelamkan mereka di Laut Merah.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: NU Online


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x