Resep Membuat Karedok Untuk Side Dish Buka Puasa Ramadhan 2023, Kenali Perbedaannya Dengan Lotek dan Gado-Gado

- 6 April 2023, 19:43 WIB
Rasa karedok leunca khas Sunda ini enak banget bun, apalagi jika disantap dengan nasi hangat plus tempe goreng.
Rasa karedok leunca khas Sunda ini enak banget bun, apalagi jika disantap dengan nasi hangat plus tempe goreng. /Tangkapan layar Youtube Yuni Wahyuni/

 

Berita KBB - Menu buka puasa Ramadhan 2023 tidak terbatas hanya pada masakan daging, sayur ataupun tumisan. Hidangan sayuran mentah dengan tambahan bumbu juga cocok untuk menjadi menu pembuka buka puasa, salah satunya yakni karedok.

Karedok yang merupakan salah satu makanan khas Sunda ini sekilas memang serupa dengan lotek saudara dekatnya sesama makanan Sunda, maupun gado-gado yang berasal dari Betawi. Tapi, ada perbedaan yang cukup mendasar antara 3 makanan yang sejenis ini.

Karedok memakai jenis sayuran antara lain toge, timun, kacang panjang, terong hijau, dan kemangi yang dicuci bersih dan disajikan mentah-mentah. Bumbu kacang karedok pun menggunakan tambahan tempe goreng, kencur dan terasi.

Baca Juga: Biodata Yati Octavia, Pemeran Bu Lauza di Bidadari Surgamu SCTV yang jadi Ibu Kandung Sakinah

Gado-gado menggunakan sayuran kangkung, timun, jagung, daun singkong, kacang panjang, serta tambahan tempe atau tahu goreng untuk gado-gado. Bahan tersebut direbus terlebih dulu dan bumbu kacangnya ditambahkan sedikit kecap.

Adapun lotek menggunakan jenis sayuran yang lebih sedikit yakni bayam, kol dan toge yang direbus dulu hingga matang. Seperti karedok, bumbu kacang lotek menggunakan tambahan tempe goreng, kencur dan terasi sehingga teksturnya lebih kental.

Setelah mengetahui perbedaan antara karedok, lotek dan gado-gado ini, mari kita bahas resep cara membuat karedok untuk side dish buka puasa Ramadhan 2023. Yuk disimak!

Baca Juga: Perhutani Group Lakukan Langkah-langkah Holistic Pemulihan Lingkungan Ranca Upas Pasca Insiden Motor Trail

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x