Perhutani Group Lakukan Langkah-langkah Holistic Pemulihan Lingkungan Ranca Upas Pasca Insiden Motor Trail

- 6 April 2023, 17:33 WIB
Perhutani Group Lakukan Langkah Holistic Pemulihan Lingkungan Ranca Upas Pasca Insiden Motor Trail*
Perhutani Group Lakukan Langkah Holistic Pemulihan Lingkungan Ranca Upas Pasca Insiden Motor Trail* /

 

BERITA KBB- PT. Perhutani Alam Wisata bersama Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat Banten telah melakukan langkah-langkah pemulihan ekosistem di Wana Wisata Ranca Upas, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Hal ini menyusul insiden yang terjadi di lokasi tersebut akibat event motor trail beberapa waktu lalu.

Salah satu langkah yang sudah ditempuh adalah rangkaian kegiatan penanaman yang dilakukan secara intensif. Kegiatan dimulai pada 8 Maret 2023 melalui penanaman tanaman Bunga Rawa di area blok Savanna.

Baca Juga: Wisata Murah Jogja dan Kegiatan yang Wajib Dicoba saat Libur Lebaran 2023 di Yogyakarta

Selanjutnya sejak Selasa, 14 Maret 2023 dilakukan kegiatan penanaman sebanyak 5.000 bibit tanaman endemik yang dilakukan secara bertahap di Ranca Upas.

Kegiatan penanaman ini dilakukan
Perhutani Group bersama penggiat lingkungan, komunitas pecinta alam, perwakilan Forkopimda, perwakilan Forkopimcam, Mitra Usaha Perhutani, masyarakat sekitar, komunitas otomotif beserta teman-teman media.

Pada tanggal 19 – 20 Maret juga telah dilakukan kegiatan Sarasehan dan
Penanaman bersama komunitas HIPADRI (Himpunan Pendaki Gunung Indonesia) dan FKPA (Forum Komunikasi Pecinta Alam) Korwil I Kabupaten Bandung.

Tanaman yang telah ditanam kemudian
dilakukan pendataan dan penandaan koordinat sehingga mempermudah pengelola dalam melakukan perawatan kedepannya. Selain itu, bersamaan dengan kegiatan penanaman bersama, PT Perhutani Alam Wisata telah membuka kembali secara selektif Wana Wisata Ranca Upas yang sebelumnya sempat ditutup sementara agar perekonomian masyarakat yang mengandalkan operasional wisata dapat kembali bergeliat.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x