Menu Sarapan Pengganti Nasi yang Bikin Kenyang Perut

- 8 Oktober 2023, 23:54 WIB
Menu Sarapan Pengganti Nasi yang Bikin Kenyang Perut
Menu Sarapan Pengganti Nasi yang Bikin Kenyang Perut /

 

BERITA KBB – Nasi adalah makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Namun, terkadang kita ingin mencoba menu sarapan yang berbeda dari nasi, baik untuk alasan kesehatan, diet, atau sekadar variasi.

 

 

Sarapan merupakan salah satu aktivitas penting yang harus dilakukan setiap pagi. Sarapan dapat memberikan energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas sepanjang hari. Namun, tidak semua orang suka sarapan dengan nasi, yang merupakan makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Ada yang merasa nasi terlalu berat, bikin ngantuk, atau kurang sehat. Lalu, apa saja pilihan sarapan pengganti nasi yang tetap bikin kenyang perut?

 

Menurut ahli gizi, sarapan sebaiknya mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral yang seimbang. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi utama, protein membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, lemak membantu penyerapan vitamin dan mineral, serat membantu pencernaan dan kesehatan usus, serta vitamin dan mineral berperan dalam berbagai proses metabolisme tubuh.

 Baca Juga: Hametsu no Oukoku: Anime Fantasi yang Menggugah Imajinasi di Musim Fall 2023

Nasi merupakan salah satu sumber karbohidrat yang mudah didapatkan dan murah. Namun, nasi juga mengandung indeks glikemik yang tinggi, yaitu ukuran seberapa cepat kadar gula darah naik setelah mengkonsumsi makanan tertentu. Indeks glikemik yang tinggi dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang tidak baik bagi kesehatan, terutama bagi penderita diabetes atau obesitas.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x