5.807 Danau Ternyata Ada di Indonesia, Lalu Daerah Mana Dengan Danau Terbanyak?

- 3 Desember 2020, 15:24 WIB
Ilustrasi - Pengunjung berada di kawasan wisata alam Danau Tangkas, Muarojambi, Jambi.*
Ilustrasi - Pengunjung berada di kawasan wisata alam Danau Tangkas, Muarojambi, Jambi.* /Antara Foto/Wahdi Septiawan./

BERITA KBB- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengidentifikasi ada 5.807 danau yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, yang mencakup danau alami, danau buatan dan danau jenis lainnya.

"Tim penyusun buku danau berhasil mengidentifikasi sebanyak 5.807 danau yang tersebar di seluruh pulau di Indonesia di mana total luasnya adalah 586.871,64 hektare," kata Aan Dianto, salah satu dari Tim Penyusun Buku Identifikasi Danau Indonesia dalam seminar nasional virtual (webinar) yang bertema "Database Danau Indonesia dan Peluncuran Buku Identifikasi Danau Indonesia: Peranan Strategis dari Ketersediaan Data Dasar Danau-danau di Indonesia" diikuti di Jakarta, Kamis 3 Desember 2020 dari Antara.

Buku Identifikasi Danau Indonesia dalam bentuk berseri disusun oleh 19 personel dari LIPI.

Baca Juga: Andin Jadi Korban Aldebaran, Arya Saloka Ungkap Fakta Unik Yang Tak Diketahui Banyak Orang

Baca Juga: Innalillahi, Tiga Orang Meninggal Dunia Pada Kecelakaan Maut Tol Madiun-Nganjuk, Minibus Vs Truk

Dia menuturkan ada kenaikan yang cukup signifikan dari referensi yang sebelumnya di mana sebelumnya tercatat Indonesia mempunyai lebih dari 1.575 danau, yang terdiri dari 840 danau besar dan 735 danau kecil (situ). Menurut Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) pada 2016 luas total danau di Indonesia sekitar 491.724 hektare (ha).

"Apabila kita ilustrasikan bahwa luasannya (danau) adalah sedikit lebih besar dibandingkan 'land area' luas dari negara Thailand yaitu 513.120 hektare," ujar Aan.

Untuk mengetahui jumlah danau dan sebarannya, Pusat Penelitian Limnologi LIPI melakukan penghitungan jumlah danau di Indonesia pada tahapan identifikasi lokasi, tipe dan luasannya.

Baca Juga: Sudah Masuk Waspada Level III, Jalur Evakuasi Gunung Merapi Baru Selesai

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x