Bebas dari Konflik, Asia Tenggara Disebut-sebut Sebagai Kawasan Paling Damai Sepanjang Tahun 2020

- 20 Desember 2020, 11:16 WIB
Dino Patti Djalal, diplomat senior Indonesia, dalam webinar Pernyataan Akhir Tahun Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Jumat (18/12/2020).
Dino Patti Djalal, diplomat senior Indonesia, dalam webinar Pernyataan Akhir Tahun Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Jumat (18/12/2020). / (ANTARA/Suwanti)/


BERITA KBB- Kawasan Asia Tenggara dinilai sebagai wilayah paling damai sepanjang tahun ini. Hal tersebut disampaikan oleh diplomat senior Indonesia, sekaligus pendiri Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Dino Patti Djalal.

Dalam webinar FPCI, yang bertajuk Pernyataan Akhir Tahun FPCI, Dino menyampaikan bahwa Asia Tenggara tak mengalami perselisihan, sebagaimana yang tengah terjadi di beberapa wilayah dunia, misalnya Timur Tengah dan Asia Timur yang mengalami konflik politik. 

Baca Juga: Prilly Latuconsina Raih Kategori Jomblo Terkiss pada Kiss Awards, Prilly : Ga Tau Senang Atau Sedih

"Semua negara di Asia Tenggara menjadi kawan, tidak mempunyai relasi konflik, dan merupakan suatu kemewahan untuk berada di kawasan dengan lingkungan yang damai seperti ini, secara relatif dibandingkan dengan apa yang terjadi di kawasan lain," ujar Dino, seperti dikutip Berita KBB dari Antara, Minggu, 20 Desember 2020.

Lebih lanjutnya, ia menilai rakyat Indonesia pun telah memahami dan mendukung, lantaran wilayah merupakan pertahanan di garis terdepan. 

Saat suatu wilayah yang damai dan kooperatif, kata Dino, maka akan baik untuk rakyatnya, begitu pula sebaliknya. Bila terdapat saling benci di antara negaranya, justru memicu ketidaknyamanan rakyatnya.

 Baca Juga: Tayang Sekarang! Arya Saloka di FTV Demo Cinta Nona Florist, Berikut Sinopsis dan Link Streaming

Dalam pertemuan virtual itu, Dino juga membahas mengenai negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Asia Tenggara yang tengah berselisih atas area sengketa. Menurutnya, konflik di kawasan tersebut dapat ditangani dengan baik. 

"Ketika kita melihat hal ini, masalah yang muncul dapat ditahan dan dikendalikan, serta China dan negara-negara ASEAN saat ini duduk bersama untuk membicarakannya. Tekanan konflik ini sangat rendah," jelas Dino menambahkan. 

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x