Ramai Petisi atas Penghinaan Lagu ‘Indonesia Raya’, Kedubes Malaysia Keluarkan Pernyataan Resmi

- 28 Desember 2020, 13:40 WIB
Tangkap layar Instagram/ Pernyataan resmi Malysia/ Video Penghinaan Lagu Indonesia Raya
Tangkap layar Instagram/ Pernyataan resmi Malysia/ Video Penghinaan Lagu Indonesia Raya /Instagram.com/@myembjkt/@polisiraya/

BERITA KBB- Baru-baru ini, mayarakat Indonesia dibuat berang oleh sebuah video yang beredar di dunia maya. Pasalnya, video tersebut menunjukkan lagu'Indonesia Raya' diubah total liriknya dengan kata-kata yang mengandung  unsur hinaan.

Dalam video berdurasi 1 menit 30 detik tersebut, lirik lagu dilantunkan menggunakan  bahasa melayu, sehingga muncul dugaan bahwa pengunggahnya berasal dari negara Malaysia. Video tersebut pertama kali diunggah dua minggu lalu oleh akun YouTube MY Asean.

Sekira 33.000 akun YouTube lain telah menonton video tersebut. Dalam video itu, lirik lagu diawali dengan ayam berkokok. Latar belakang dengan lambang bendera merah putih ditimpal dengan gambar dua orang anak yang tengah membuang ari seni. Sementara di tengah-tengahnya terdapat  ayam berlambang Pancasila.

Baca Juga: Sinopsis Naagin ANTV, Senin 28 Desember, Rocky dan Keluarga Mencari Yamini

Baca Juga: Keren! Suga dan RM BTS Kompak dengan Saling Menghormati dalam Bekerja

Singkatnya, lirik lagu tersebut berisi lirik hinaan, dengan melabeli Indonesia sebagai bangsa sial dan mundur. Tak hanya itu, nama Presiden Joko Widodo dan Soekarno turut diparodikan.

Akan tetapi, saat dilihat kembali ke akun video tersebut menghilang. Diduga, video tersebut telah dicabut oleh pihak YouTube.

Terkait hal ini, banyak warganet yang naik pitam dan mendesak pemerintah mengambil tindakan atas penghina terhadap Bangsa Indonesia ini. Tak hanya itu, Wakil Ketua DPR RI Aziz Syamsuddin turut mengutuk keras penghinaan tersebut.

Baca Juga: Jurnalis Tempo Diretas Usai Tulis Kasus Bansos, Refly Sarankan Negara Tak Urusi Hal yang Ecek-ecek

Halaman:

Editor: Putik Kamala

Sumber: Instagram ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x