Waspada! Ternyata Begini Efek La Nina yang Melanda Indonesia

- 2 Februari 2021, 19:15 WIB
Gelombang laut Selat Sunda di Pelabuhan Merak, Selasa, 12 Januari 2021. BMKG merilis peringatan dini dan masyarakat diminta waspada dampak fenomena La Nina di Selat Sunda bagian Selatan hingga perairan Banten Selatan, Binuangeun Kabupaten Lebak.
Gelombang laut Selat Sunda di Pelabuhan Merak, Selasa, 12 Januari 2021. BMKG merilis peringatan dini dan masyarakat diminta waspada dampak fenomena La Nina di Selat Sunda bagian Selatan hingga perairan Banten Selatan, Binuangeun Kabupaten Lebak. /Sigit Angki Nugraha/

BERITA KBB – Sejumlah daerah di Indonesia mengalami curah hujan yang tinggi sejak Januari hingga awal Februari 2021 ini.

Di beberapa daerah, cuaca bahkan terasa lebih dingin daripada biasanya. Tak hanya curah hujan, angin kencang juga kerap terjadi melanda berbagai daerah di Indonesia.

Terkait dengan hal itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan hal itu merupakan efek dari fenomena La Nina yang sangat signifikan.

Baca Juga: Link Live Streaming Ikatan Cinta 2 Februari 2021, Nino dan Rafael Kesulitan Temukan Bukti Kasus Andin

Baca Juga: Resep Nasi Gurih Tomat Utuh Menggunakan Rice Cooker, Anti Ribet dan Murah, Cocok Banget untuk Anak Kos

"Untuk La Nina prediksi dari BMKG diprakirakan masih akan aktif hingga Juni 2021.Namun yang perlu dicatat La Nina efeknya akan lebih signifikan pada saat kondisi atmosfer juga mendukung,

seperti pada saat ini periode puncak musim penghujan," kata Kiki yang bertugas sebagai prakirawan di Pusat Meteorologi Publik BMKG dalam diskusi virtual dilansir Antara, Selasa, 2 Februari 2021.

Seperti diketahui, ujar Kiki dalam diskusi yang diadakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu, sebagian besar daerah di Indonesia mengalami puncak musim penghujan pada Januari-Februari 2021.

Baca Juga: Sinopsis Uttaran, Rabu 3 Februari 2021, Baldev Tiba-Tiba Meninggal, Veer Curiga Ada yang Membunuhnya, Siapa?

Baca Juga: Sinopsis Chandra Nandini, Rabu 3 Februari 2021, Nandini Minta Chandra Menikahinya?

La Nina adalah kondisi anomali di mana suhu permukaan Samudera Pasifik tropis bagian tengah dan timur yang lebih dingin dibanding kondisi normal dan diikuti perubahan sirkulasi atmosfer di atasnya.

Fenomena La Nina mengakibatkan peningkatan curah hujan di wilayah Pasifik barat termasuk Asia Tenggara dan utara Australia. Hal itu dapat mengakibatkan terjadi bencana hidrometeorologi seperti banjir.

"Potensi hujan intensitas tinggi masih berpotensi terjadi di wilayah Indonesia, termasuk wilayah-wilayah yang saat ini telah terdampak banjir hingga minimal akhir Februari," kata Kiki.

Halaman:

Editor: Cecep Wijaya Sari

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah