Masih Pandemi Covid-19, Pemerintah Larang Masyarakat Lakukan Mudik Lebaran 2021 Idul Fitri 1442 Hijriah

- 26 Maret 2021, 16:26 WIB
Ilustrasi mudik.
Ilustrasi mudik. /Antara Foto/Asep Fathulrahman

BERITA KBB- Pemerintah secara resmi melarang masyarakat untuk melakukan mudik Lebaran 2021 Idul Fitri 1442 H. Hal ini terkait masih belum redanya pandemi virus Corona Covid-19.

Hal ini dikatakan langsung oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK), Muhadjir Effendy. Muhadjir mengatakan perjalanan masih dilakukan jika memang ada situasi yang mendesak sebelum dan sesudah Idul Fitri 1442 H.

"Imbauan supaya tidak berpergian, tentang urgensinya akan ditentukan oleh instansi atau lembaga dimana dia bertugas atau bekerja," katanya dalam Rapat Tingkat Menteri terkait Libur Idul Fitri secara daring yang dipantau di Jakarta, Jumat 26 Maret 2021 seperti yang dilansir Antara.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Sabtu, 27 Maret 2021: Aries, Taurus, Gemini Segala Upaya Anda Segera Menemui Titik Terang

Baca Juga: Selain Juliari Batubara, Nama Kerabat Ridwan Kamil Terseret Kasus Suap Pengaturan Proyek di Indramayu

Pemerintah telah menyatakan untuk meniadakan libur panjang untuk keperluan mudik Idul Fitri. Ketentuan itu berlaku pada 6 hingga 17 Mei 2021. "Termasuk sebelum dan sesudah tanggal tersebut," katanya.

Keputusan tersebut berlaku bagi seluruh masyarakat, serta para pekerja seperti Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI-Polri, karyawan swasta maupun pekerja mandiri.

Menurut Muhadjir, masing-masing instansi pemerintah maupun perkantoran swasta akan diberikan panduan terkait kebijakan tersebut.

"Pegawai pemerintah akan diatur oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Yang berkaitan dengan karyawan dan perusahaan akan di bawah tanggung jawab Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker), sedangkan yang di luar itu akan diatur Kementerian Dalam Negeri," katanya.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah