Buruan, Prakerja Gelombang 17 Sudah Dibuka, Ikuti Tips Ini Agar Lolos Seleksi dengan Mudah

- 5 Juni 2021, 16:45 WIB
Gelombang 17 Kartu Prakerja telah dibuka
Gelombang 17 Kartu Prakerja telah dibuka /Instagram/prakerja.go.id

BERITA KBB- Louisa Tuhatu selaku Kepala bagian Komunikasi dalam manajemen pelaksana Program Kartu Prakerja mengumumkan pendaftaran Prakerja gelombang 17 sudah dibuka mulai hari ini, Sabtu, 5 Juni 2021.

"Gelombang 17 dibuka hari ini jam 12.00 WIB," kata Louisa

Kuota yang tersedia di gelombang 17 ini sejumlah  44.000 peserta. Jumlah tersebut diperbanyak dari gelombang sebelumnya dengan tujuan untuk memberikan kesempatan pada peserta Prakerja dari gelombang 12 sampai gelombang 16 yang kepesertaannya dicabut.
 
 
Pada gelombang-gelombang sebelumnya, Ada lebih dari 8.000 peserta Kartu Prakerja gelombang 16 yang terancam dicabut kepesertaannya. Penyebabnya adalah mereka tidak membeli pelatihan pertama di skill academy dalam waktu 30 hari semenjak dinyatakan lolos.
 
Jumlah total kepesertaan yang dicabut oleh PMO (Manajemen Pelaksana Prakerja) dari gelombang 12 hingga 15 adalah sebanyak 35.809 orang.

Hal tersebut harus dilakukan karena sudah tertera dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian nomor 11 tahun 2020. Dalam UU tersebut dijelaskan bila penerima Kartu Prakerja tidak melakukan pemilihan Pelatihan dalam jangka waktu 30 hari, maka penerima Kartu Prakerja dicabut kepesertaannya.

Baca Juga: Kontroversi Terpilihnya Gigi sebagai Ikon PON XX Papua, Putri Indonesia Papua Barat : Tak Perlu Diperdebatkan

Rincian bantuan dana Program Kartu Prakerja antara lain dana pelatihan sebesar Rp1 juta, insentif pasca pelatihan sebesar Rp600.000/ bulan selama 4 bulan dan insentif survei sebesar Rp 50.000 untuk tiga kali survei. Total dana bantuan adalah Rp3,5juta.

Besarnya dana bantuan ini membuat peserta yang mendaftar sangat banyak. Maka dari itu untuk dapat lolos kartu Prakerja, ada baiknya simak tips berikut :

  1. Daftar di waktu yang tepat
  2. Memenuhi semua persyaratan yang diminta
  3. Jujur dan tidak berbohong mengenai identitas diri
  4. Berlatih sebelum tes kemampuan online
  5. Menjawab soal dengan jawaban yang benar
  6. Mengikuti setiap prosedur yang ada pada website resmi

Baca Juga: Ayo Naik Sepeda, Pemkot Bandung Bakal Tambah Jalur Sepeda Nih

Dengan mengikuti tips di atas, kesempatan untuk lolos semakin terbuka lebar. Jika sudah lolos dan terdaftar sebagai penerima kartu Prakerja, jangan lupa untuk memakai kode voucher untuk membeli pelatihan di platform skill academy agar dana tidak dicabut.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x