BREAKING News, Gempa 5,3 Magnitudo Mengguncang Pacitan, Jawa Timur!

- 12 Juni 2022, 11:26 WIB
Info resmi BMKG terkait gempa Pacitan M 5,3 pagi ini, Minggu, 12 Juni 2022, terasa di Jogja.
Info resmi BMKG terkait gempa Pacitan M 5,3 pagi ini, Minggu, 12 Juni 2022, terasa di Jogja. /Twitter.com/@infoBMKG
 
BERITA KBB - Hari ini, Minggu 12 Juni 2022 Gempa telah mengguncang daerah Pacitan, Jawa Timur.
 
Gempa bumi kali sebesar 5,3 Magnitudo mengguncang Pacitan pada pagi hari ini "Gempa terjadi pukul 06.55 WIB dengan berkekuatan 5,3," tulis laman resmi BMKG.
 
Dikutip dari BMKG, pusat gempa berlokasi di 8.67 LS, 111.42 BT (64 km Tenggara Pacitan, Jawa Timur). BMKG menyatakan Gempa kali ini tidak berpotensi tsunami, namun masyarakat sekitar dihimbau untuk tetep waspada dan hati - hati akan adanya Gempa bumi susulan.
 
 
Selain itu, BMKG pun mengatakan bahwa kedalam Gempa ini mencapai 79 kilometer.
"Kedalaman 79 kilometer, dirasakan di Kulon progo, Bantul, Wonogiri, Gunungkidul, Pacitan,cilacap, Karangkates, Ponorogo, Nganjuk, Blitar, Trenggalek, Klaten, Karanganyar II-III MMI ,Lumajang, Madiun,Kepanjen II MMI," Jelas BMKG
 
Gempa yang terjadi pagi ini pun dirasakan oleh beberapa daerah diantaranya di derah  Kulon Progo, Bantul, Wonogiri, Gunungkidul, Pacitan, Cilacap, Karangkates, Ponorogo, Nganjuk, Blitar, Trenggalek, Klaten, Karanganyar.
 
Dilansir diberbagai sumber, Berikut kami akan membagikan beberapa Tips menyelamatkan diri ketika adanya Gempa : 
 
 
1. Lindungi Kepala
Ketika terjadinya Gempa, hal pertama dapat kamu lakukan ialah melindungi kepala kamu menggunakan buku tebal atau pun tas besar. Dan menghindari furniture yang mudah jatuh seperti rak, lemari dan sebagainya.
 
2. Matikan Listrik dan Sumber Api
Gempa dapat membuat konsleting di arus listrik, untuk itu matikan listrik ketika terjadinya gempa guna terhindar dari penyebab kebakaran.
 
3. Jatuhkan Diri ke Lantai
Bila kamu sedang di dalam gedung dan tidak bisa keluar, jangan panik. Tetap tenang, cari tempat aman, dan jatuhkan diri ke lantai kemudian mencari perlindungan dengan berada di bawah meja atau furnitur yang kokoh sampai guncangan gempa selesai.
 
 
4. Jauhi Jendela Kaca
Pada saat terjadinya Gempa kamu harus menghindari dari segala sesuatu yang berbahan kaca, termasuk jendela kaca. Hal itu berguna untuk melindungi mata agar tidak terkena serpihan kaca yang terpecah.
 
5. Jangan Lari Terburu-buru
Lari dalam kondisi terburu-buru dapat membuat kita tidak bisa fokus, hal tersebut membuat kita tidak memperhatikan apakah area yang dilalui aman atau tidak.***
 

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x