Profil dan Biodata Wakil Menteri Dalam Negeri Wempi Wetipo

- 16 Juni 2022, 12:26 WIB
Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo yang dilantik Presiden Jokowi pada 16 Juni 2022.
Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Wetipo yang dilantik Presiden Jokowi pada 16 Juni 2022. / Antara/Akbar Nugarah Gumay/

BERITA KBB - John Wempi Wetipo, putra Papua yang dilantik Presiden Jokowi menjadi Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) di Kabinet Indonesia Maju, Rabu 15 Juni 2022. 

Presiden Joko Widodo ini melantik John Wempi Wetipo ini sebagai Wakil Menteri Dalam Negara langsung di Istana Jakarta pada Rabu, 15 Juni 2022. Setelah itu John akan bekerja sama dengan Mendagri Tito Karnavian.

Adapun pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24/M Tahun 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara Kabinet Indonesia Maju periode tahun ‪2019-2024‬.

Baca Juga: Usai Penuhi Panggilan Polres Serang Kota, Nikita Mirzani Tantang Nindy Ayunda di Ring Tinju

Sebelum ini John Wempi Wetipo inu merupakan bupati dua periode pada tahun ‪2008-2013‬ dan ‪2013- 2018‬.  Sebelum John sendiri menduduki jabatan baru sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri. Ia merupakan Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Saat menjabat sebagai Bupati Jayawijaya, John Wempi Wetipo pernah mendapat penghargaan, antara lain dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Penghargaan dari KPK itu terkait manajemen keuangan yang diterapkan Wempi di Kabupaten Jayawijaya. Itulah yang menghantarkannya kembali menjadi Bupati Jayawijaya periode 2013–2018.

Baca Juga: Polisi Larang Pengendara Motor Pakai Sendal, Ini Alasannya

Pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Papua 2018, ia pun turut ikut serta sebagai Calon Gubernur Papua menghadapi petahana Lukas Enembe. Namun sayangnya, John Wempi Wetipo tak terpilih.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x