Biografi Tjahjo Kumolo, Yang Pernah Coba Berkarier di Golkar

- 1 Juli 2022, 17:50 WIB
Proses Pemakaman Menpan RB, Tjahjo Kumolo (dok/ist)
Proses Pemakaman Menpan RB, Tjahjo Kumolo (dok/ist) /Riadi/

BERITA KBB - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada 1 Juli 2022 sekitar pukul 11:00WIB. Setelah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Abdi Waluyo Jakarta akibat penyakit komplikasinya.

Selama ini, public mengenal Tjahjo sebagai politisi PDI Perjuangan. Namun, ketika masa Orde Baru Tjahjo sempat berkarier di Partai Golkar.

Tjahjo yang lahir di Solo, Jawa Tengah, 1 Desember 1957 lalu, memulai karier politiknya sebagai anggota DPRD Jawa Tengah dari Partai Golkar pada 1987 silam. Diri juga pernah menjabat Ketua Umum DPP KNPI pada ‪1990-1993‬.

Baca Juga: Manfaatkan Lahan Kosong, Pemkot Bandung Terus Tambah RTH

Tjahjo masuk ke PDI Perjuangan pada tahun 1999 dengan jabatan sebagai direktur SDM Litbang. Ia pun mengikuti pemilu 2009 dan berhasil menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari PDI Perjuangan dengan daerah pemilihan Jawa Tengah I.

Ia pun mendapatkan kepercayaan menjadi Ketua Fraksi PDI-P di DPR RI dan juga menjadi anggota Komisi I yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi di DPR RI.

Karier politiknya semakin moncer, karena pada tahun 2010, Tjahjo dipercaya oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sebagai Sekjen Partai.

 Baca Juga: Pemkot Bandung Adopsi MPP Kabupaten Badung untuk Maksimalkan Layanan Publik

Pada 2014, Presiden Jokowi meminta Tjahjo membantunya sebagai Menteri Dalam Negeri dalam Kabinet Kerja ‪2014-2019‬.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x