Wisata Dibuka, Vaksin COVID-19 Jangan Lupa

- 6 Agustus 2022, 00:00 WIB
Dukung Lokasi Wisata Kapitoo, Gubernur Sulsel Komitmen Pembangunan Bertahap di Daerah Ini
Dukung Lokasi Wisata Kapitoo, Gubernur Sulsel Komitmen Pembangunan Bertahap di Daerah Ini /Pemprov Sulsel

BERITA KBB - Palang Merah Indonesia (PMI) melalui dukungan Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) dan USAID turut mendukung pemerintah dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan vaksinasi dan menaati protokol kesehatan dengan menggelar Webinar Hybrid “Wisata Dibuka Vaksin Jangan Lupa”.

Webinar menghadirkan pembicara di antaranya Arif Noor Hartanto, S.I.P Sekretaris PMI DIY, drg. Pembayun Setyaning Astuti, M.Kes Kepala Dinas Kesehatan DIY, Ariyanto, S.E.,MM Pemilik Pusat Oleh-Oleh Bakpia Jogkem, Dr. Yuli Setyowati, M.Si Dosen STPMD APMD Yogyakarta, dan Tri Martono Muliawan Founder Jogjaupdate di Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (STPMD), Jumat (29/7/2022).

“Setiap kita memiliki peran penting dalam mencegah COVID-19. Bersama-sama kita bisa saling melindungi diri dan melindungi sesama untuk selamat dari wabah. Kita bergerak bersama untuk sesama dengan pemangku kepentingan, pemerintah, korporasi, lembaga sosial, dan masyarakat,” tutur Arif Noor Hartanto, Sekretaris PMI DI Yogyakarta.

 Baca Juga: Bangga Berkolaborasi dengan PMI, Ini Kilas Balik SayurStory, Komunitas Pecinta Alam Singapura

Perlunya kesadaran masyarakat untuk melakukan vaksinasi dan disiplin menerapkan protokol kesehatan seiring dengan dibukanya tempat-tempat wisata di berbagai daerah tentu menjadi perhatian khusus.

“Capaian vaksin booster di DI Yogyakarta sampai dengan saat ini sekitar 37% dan tentu masih perlu ditingkatkan dengan angka ideal pencapaian berkisar 80%. Meningkatkan kesadaran masyarakat dengan sosialisasi seperti kegiatan saat ini merupakan salah satu cara yang efektif. Kita berharap PMI terus turut membantu menyelenggarakan kegiatan-kegiatan seperti ini dan tentu saja dukungan dari berbagai sektor serta masyarakat,” ungkap drg. Pembayun Setyaning Astuti, M.Kes Kepala Dinas Kesehatan DI Yogyakarta.

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu daerah tujuan wisata terbesar di Indonesia. Di satu sisi tentu membangkitkan sektor ekonomi, namun di sisi lain merupakan tantangan di tengah upaya mengendalikan COVID-19.

Baca Juga: Daftar Pemain FTV Coba Komen Dong KKN Cinta Gue Kurangnya Dimana, Ada Adhitya Alkatiri dan Chantiq Schagerl

Berbagai upaya juga telah dilakukan oleh PMI di antaranya adalah dengan menerjunkan relawan-relawannya ke daerah wisata untuk membagikan Paket Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta melakukan promosi kesehatan.

Selain itu PMI DI Yogyakarta turut mendukung pemerintah dalam program vaksin dengan capaian booster sejumlah 324 orang, sementara untuk capaian dosisi 1 sejumlah 11.737 dosis dan dosis 2 sebanyak 4.397 dosis.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x