Apa Itu Justice Collaborator yang Diajukan Bharada E? Simak Informasi Berikut Ini

- 7 Agustus 2022, 10:56 WIB
Berubah sikap, Bharada E buka peluang jadi Justice Collaborator di kasus Brigadir J.
Berubah sikap, Bharada E buka peluang jadi Justice Collaborator di kasus Brigadir J. /kolase foto ANTARA dan Pikiran Rakyat/

BERITA KBB- Kasus kematian Brigadir J yang kini telah dalam proses mengungkap fakta dibalik insiden penembakan yang terjadi beberapa waktu lalu dengan menghadirkan sejumlah saksi.

Pihak kepolisian akhirnya menetapkan Bharada E sebagai tersangka yang melakukan penembakan kepada Brigadir J.

Dalam kasus ini, diketahui kuasa hukum Bharada E mengundurkan diri atas kasus yang terjadi.

Baca Juga: Link Live Streaming West Ham United vs Manchester City Hari Ini Serta H2H Dan Prediksi Susunan Pemain

Dari keterangan, Deolipa Yumara selaku pengganti Andreas Nahot Silitonga mengatakan kalau Bharada E mengajukan "justice collaborator" terkait insiden penembakan yang menewaskan Brigadir J.

Lantas, banyak masyarakat yang ingin mengetahui apa sebenarnya arti dari istilah "justice collaborator" tersebut? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Mengutip dari berbagai sumber,  bahwa justice collaborator adalah saksi pelaku kunci sebuah tindak pidana yang bersedia membantu atau bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk mengungkap perkara jadi makin terang.

Baca Juga: Link Live Streaming West Ham United vs Manchester City Hari Ini Serta H2H Dan Prediksi Susunan Pemain

Dengan pengajuan justice collaborator ini, bisa mendapatkan  keringanan hukuman bagi terpidana yang terjerat suatu kasus, dalam hal ini Bharada E yang ditetapkan sebagai tersangka bahkan terancam hukuman penjara selama 15 tahun. 

Sebagai justice collabotor harus mampu mengungkap informasi penting kepada penegak hukum, dan memberikan kesaksian sejujur-jujurnya dalam persidangan pada kasus yang menyeret yang bersangkutan.

Sementara itu, justice collaborator sebagaimana yang tercantum dalam Surat Edaran Mahkamah Agung adalah satu pelaku tindak pidana tertentu, bukan pelaku utama dalam kejahatan tersebut, mengakui kejahatan yang dilakukannya.

Baca Juga: Link Live Streaming Persikabo vs Persis Solo Hari Ini Di BRI Liga 1 2022-2023 Live Di Indosiar Dan Vidio

Demikian informasi mengenai penjelasan justice collaborator yang diajukan oleh Bharada E atas kasus yang menjeratnya yakni penembakan hingga menyebabkan Brigadir J tewas.***
 

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x