Gara-gara Unduh Aplikasi Jadi Penyebab Raibnya Uang Ratusan Juta Nasabah BRI di Jember, OJK Lakukan Sosialisas

- 14 Oktober 2022, 20:35 WIB
Gara-gara Unduh Aplikasi Jadi Penyebab Raibnya Uang Ratusan Juta Nasabah BRI di Jember, OJK Lakukan Sosialisasi  Poster warning penipuan soceng/Twitter @ojkindonesia
Gara-gara Unduh Aplikasi Jadi Penyebab Raibnya Uang Ratusan Juta Nasabah BRI di Jember, OJK Lakukan Sosialisasi Poster warning penipuan soceng/Twitter @ojkindonesia /


BERITA KBB – Penyebab Raibnya Uang Ratusan Juta Nasabah BRI di Jember masih dalam pengawasan OJK, setelah salah satu nasabah melaporkan saldo rekeningnya berkurang.

Hilangnya saldo rekening nasabah bank BRI di Jember tanpa melakukan transaksi apapun telah ditangani oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kabupaten Jember.

Dilansir BERITA KBB dari ANTARA, Seorang presenter Kompas TV Jember yang merupakan salah satu nasabah BRI Angga Wisudawan menjadi korban kejahatan social engineering (soceng).

Baca Juga: Tentang Dirimu, Lagu Jamrud yang Relate dengan Keluarga

Tak tanggung-tanggung, uang senilai Rp105 juta di rekening-nya hilang begitu saja, tanpa yang bersangkutan melakukan transaksi pembelian atau lainnya.

"Kami sudah menindaklanjuti hal tersebut dengan menghubungi BRI Jember untuk meminta klarifikasi pengaduan dan meminta BRI untuk menemui nasabah yang bersangkutan," kata Kepala Subbagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Jember Niken Dyah Pristanti dalam penjelasan tertulisnya di Jember, Jumat.

Menurutnya OJK mengawal permasalahan yang dialami oleh korban Angga dan memandu untuk menyampaikan pengaduan secara paralel melalui surat untuk selanjutnya ditindaklanjuti melalui APPK (aplikasi pengaduan).

"Pengaduan tersebut menjadi perhatian kami dan pihak korban memberikan informasi bahwa sudah memperoleh tanggapan dari BRI. Nasabah dan pihak bank sudah bertemu," tuturnya.

Berdasarkan penjelasan dari Bank, disimpulkan bahwa kasus ini merupakan tindak kejahatan melalui media digital atau soceng, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Halaman:

Editor: Qoni Makhfudoh

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x