KPK Akan Datangi Lukas Enembe Untuk Pemeriksaan Kasus dan Kesehatannya!

- 27 Oktober 2022, 20:59 WIB
KPK Akan Datangi Lukas Enembe Untuk Pemeriksaan Kasus dan Kesehatannya!
KPK Akan Datangi Lukas Enembe Untuk Pemeriksaan Kasus dan Kesehatannya! / Antara/Hendrina Dian Kandipi.
 
 
BERITA KBB - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mendatangi Gubernur Papua Lukas Enembe untuk pemeriksaan kasus dan kesehatannya. 
 
Ketua KPK Firli Bahuri disebut akan ikut ke Papua untuk menemui Ketua DPD Partai Demokrat Papua itu.
 
"Saya memang mendengar kemungkinan Pak Ketua Firli Bahuri akan ikut tim yang ke Jayapura," ujar Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango melalui keterangan tertulis, Rabu 26 Oktober 2022.
 
Nawawi menjelaskan bahwa kedatangan Firli ke Papua sesuai dengan Pasal 113 dalam Kitab Undang - Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP). 
 
 
Menurutnya, kedatangan Firli tidak perlu dipermasalahkan.
 
"Jadi rencana keikut-sertaan Pak Firli itu masih dalam kerangka perwujudan tugasnya sebagai Pimpinan KPK, enggak ada yang perlu dipersoalkan, sah - sah saja," ujar Nawawi.
 
Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri sebelumnya menyatakan bahwa Lukas Enembe telah bersedia diperiksa kesehatannya oleh tim medis KPK. 
 
 
Kesiapan Lukas untuk diperiksa juga akan disampaikan langsung Lukas Enembe kepada KPK.
 
"Gubernur Enembe memang dalam keadaan sakit," ujar Irjen Pol Fakhiri di Jayapura.
 
KPK telah menetapkan Lukas Enembe sebagai tersangka dugaan suap dan gratifikasi. Namun, Ketua DPD Partai Demokrat Papua itu belum ditahan.
 
KPK juga belum merinci kasus dan pihak-pihak yang diduga terlibat. Perincian baru akan diungkap ketika upaya paksa penahanan dilakukan.
 
Lukas Enembe juga telah dicegah ke luar negeri oleh Ditjen Imigrasi hingga 7 Maret 2023. Pencegahan ini dilakukan atas permintaan KPK.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x