Reni Kusumowardhani: Kuat Ma'ruf Miliki Kecerdasan di Bawah Rata - Rata, Namun Miliki Kepatuhan yang Tinggi

- 23 Desember 2022, 16:07 WIB
Reni Kusumowardhani: Kuat Ma'ruf Miliki Kecerdasan di Bawah Rata - Rata, Namun Miliki Kepatuhan yang Tinggi
Reni Kusumowardhani: Kuat Ma'ruf Miliki Kecerdasan di Bawah Rata - Rata, Namun Miliki Kepatuhan yang Tinggi /PMJ NEWS
 
BERITA KBB - Ahli Psikologi Forensik Reni Kusumowardhani mengatakan, terdakwa Kuat Ma’ruf memiliki kecerdasan di bawah rata - rata. Meski begitu, ia memiliki kepatuhan yang tinggi.
 
Hal itu diungkap Reni ketika menjadi saksi ahli di sidang terdakwa Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Kuat Ma’ruf, Ricky Rizal dan Bharada E di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu 21 Desember 2022.
 
“Kuat Ma’ruf kecerdasannya tergolong di bawah rata - rata dibanding dengan orang seusianya. Jadi bapak Kuat Ma’ruf lebih lambat dalam memahami informasi,” ujar Reni.
 
 
“Saya harus menyampaikan ya pak, mohon maaf, izin pak Kuat,” ujar Reni ke Kuat.
 
“Dia senang dibuka bu,” sambut ketua majelis hakim, Imam Wahyu Santoso seraya mengundang tawa pengunjung sidang.
 
Namun demikian, Kuat memiliki potensi untuk memahami lingkungan sekitar melalui nilai moral dan kebiasaan yang ia yakini.
 
“Jadi lebih lambat memahami informasi dan menyesuaikan diri dari tuntutan lingkungan tetapi memiliki potensi untuk memahami keadaan di lingkungan sekitarnya melalui nilai - nilai moral yang dia yakini dan melalui kebiasaan yang dia alami seperti itu,” ujar Reni. 
 
 
“Apakah prosesnya akan lama menyaring informasi apakah sudah langsung paham?” tanya jaksa penuntut umum (JPU).
 
“Belum tentu langsung paham, tapi mengandalkan pola yang dia pahami dan kemudian mengandalkan value nilai - nilai moral yang dimiliki, jadi ini moralnya baik,” ujar Reni.
 
“Kepatuhan otoritasnya?”
 
“Cukup, jadi pada bapak Kuat Ma’ruf ini tidak dapat di sugesti, kepatuhannya tinggi, tetapi tidak mudah di sugesti, dan dari hasil kepura - puraan tidak didapatkan kepura - puraan,” jawab Reni.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x