Ahli Psikologi: Brigadir J Miliki Kepribadian yang Positif, Tak Miliki Riwayat Melanggar Hukum dan Narkoba

- 23 Desember 2022, 14:59 WIB
Ahli Psikologi: Brigadir J Miliki Kepribadian yang Positif, Tak Miliki Riwayat Melanggar Hukum dan Narkoba
Ahli Psikologi: Brigadir J Miliki Kepribadian yang Positif, Tak Miliki Riwayat Melanggar Hukum dan Narkoba /
 
 
BERITA KBB - Mendiang Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J memiliki kepribadian yang positif dan layak direkomendasikan menjadi ajudan atau ADC pejabat Polri.
 
Hal itu diungkap Ahli Psikologi Forensik Reni Kusumowardhani, ketika menjadi saksi ahli di sidang terdakwa Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Kuat Ma’ruf, Ricky Rizal dan Richard Eliezer alias Bharada E di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu 21 Desember 2022.
 
Reni menjelaskan, pihaknya tak mampu menggali lebih dalam soal kepribadian Yosua karena ia sudah tiada. Informasi tentang Yosua didapat dari orang - orang terdekat dari mulai keluarga hingga polisi yang jadi ajudan bersamanya.
 
 
“Ada keterbatasan data untuk menarik simpulan profil pribadi Nofriansyah Yosua Hutabarat karena yang sudah meninggal dunia. Meskipun demikian, diperoleh informasi yang konsisten para informan mengenai beberapa hal inilah yang kami simpulkan,” ujar Reni.
 
Yosua memiliki kecerdasan yang tergolong rata - rata berfungsi dalam batas normal.
 
“Tidak dijumpai adanya riwayat tingkah laku Yosua dalam melanggar aturan, terlibat perkelahian dan penyalahgunaan Napza,” ujar dia.
 
Sejak masa kecil hingga remaja dia dikenal sebagai anak yang berkarakter baik dan aktif dalam berbagai kegiatan dan positif dalam kegiatannya.
 
 
“Sebagai polisi dikenal sebagai anggota yang cekatan, memiliki dedikasi, tidak pernah membantah dan patuh dan mampu bekerja dengan baik, dan layak direkomendasikan sebagai ADC pejabat tinggi kepolisian,” ujar Reni.
 
Kepribadian Yosua ini dikonfirmasi dari informasi teman dan rekan kerja yang saling bersesuaian dan konsisten bahwa awalnya Yosua dinilai dapat bekerja dan menjalankan peran ADC dengan baik.
 
Namun kepribadiannya didapati berubah ketika menjabat sebagai ajudan Putri Candrawathi.
 
“Dan didapatkan informasi ada perubahan sikap sejak diberi kepercayaan sebagai kepala rumah tangga dalam istilah mereka dan ADC yang ditugaskan mendampingi ibu Putri,” ujar Reni.
 
 
“Yaitu (perubahannya) penampilannya menurut rekan - rekannya dan ini ada informasi yang bersesuaian dan ini informasi dari Jambi. Penampilannya lebih mewah dibanding sebelumnya, menunjukan power dan dominasi terhadap ADC dan perangkat lain, berperilaku yang dinilai ada kalanya tidak selayaknya ADC, merasa lebih percaya dan lebih diistimewakan oleh bu Putri dan memiliki keberanian untuk menunda serta tidak melaksanakan perintah atasan, lebih mudah tersinggung dan merespons kemarahan,” pungkasnya.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x