Pemerintah Tak Lagi Intervensi Aturan Pemakaian Masker, Menkes: Kalau Merasa Sehat, Tak Perlu Pakai Masker

- 4 Januari 2023, 21:49 WIB
Jokowi Tak Pakai Masker saat Berkeliling di Tanah Abang.
Jokowi Tak Pakai Masker saat Berkeliling di Tanah Abang. //Tangkapan Layar/Instagram @jokowi/
 
 
BERITA KBB - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, menyatakan pemerintah tak akan mengintervensi kebijakan dalam penggunaan masker. 
 
Kini, penggunaan masker didasari atas kesadaran masyarakat akan kesehatan dan kondisi tubuhnya.
 
Namun, Budi menganjurkan masyarakat untuk tetap menggunakan masker di ruangan tertutup dan sempit. Kemudian, dia juga menyarankan hal serupa jika masyarakat berada di tengah kerumunan.
 
 
"Pemakaian masker, kami anjurkan untuk di ruangan tertutup dan sempit, kerumunan, sebaiknya dipakai. Tetapi, sekali lagi ini kami kembalikan ke masyarakat. Kalau masyarakat merasa sehat, di udara terbuka seperti ini tidak perlu, tidak usah," ujar Budi dilansir dari ANTARA, Selasa 3 Januari 2023.
 
Budi menyatakan startegi pemerintah menuju fase endemik sedikit berbeda. Pemerintah tak akan mengintervensi kebijakan, namun diharapkan adanya kesadaran dari masyarakat terkait protokol kesehatan, demi mendukung situasi yang kondusif.
 
"Jadi, kesadaran masyarakat untuk mengukur sendiri di mana dia perlu (menggunakan masker). Itu perlu kami pakai," ujar Budi.
 
 
Pendekatan pemerintah saat ini, menurut Budi, lebih pada edukasi. Nantinya, masyarakat akan dilatih oleh pemerintah secara persuasif tentang bagaimana cara menyikapi fase menuju endemi.
 
Budi mencontohkan jika terserang flu maka masyarakat tidak perlu diajari untuk memakai payung saat hujan atau meminum obat tertentu. Sebab, dilanjutkan Budi, masyarakat sudah paham apa yang harus dilakukan saat flu.
 
"Nah, kami lihat level itu mesti dilatih pelan - pelan bagaimana menuju ke endemi. Jadi, soal pakai masker, seperti saat ini saya tidak pakai (di ruang terbuka). Tapi, kalau tadi saat rapat terbatas dan ada Bapak Presiden, kan kami harus pakai," ujar Budi.
 
Ketika berkunjung ke Pasar Tanah Abang, Presiden Joko Widodo, juga sudah tak menggunakan masker. Sebenarnya, menurut Budi, itu jadi cermin kesadaran. Dengan tak memakai masker, Budi menyatakan kalau Jokowi merasa sehat.
 
"Kembali lagi, Bapak Presiden itu menunjukkan partisipasi masyarakat, kesadaran itu penting. Presiden mungkin merasa dia sehat. Saya tidak tahu tadi, tak mengikuti apakah pasarnya (ruang) terbuka atau tertutup. Kalau itu terbuka, beliau merasa aman," ujar Budi.***

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x