Upaya Transformasi Kesehatan, Kemenkes Ubah Aplikasi Peduli Lindungi Menjadi SatuSehat

- 28 Februari 2023, 21:35 WIB
peduli lindungi berubah menjadi SATUSEHAT Mobile per 1 Maret
peduli lindungi berubah menjadi SATUSEHAT Mobile per 1 Maret /Instagram peduli lindungi/

 

Berita KBB – Upaya transformasi yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan mengusung semangat bersinergi dalam upaya mengembangkan sistem kesehatan nasional ke arah yang lebih baik. Hal itu diketahui dengan diberlakukannya perubahan aplikasi Peduli Lindungi menjadi SatuSehat.

Perubahan nama juga beberapa sistem pada aplikasi Peduli Lindungi menjadi SatuSehat, telah resmi diberlakukan hari ini, 28 Februari 2023. Dikabarkan bahwa aplikasi SatuSehat merupakan bentuk pengembangan dari aplikasi sebelumnya, dengan ketersedian fitur yang berasal dari 400 platform.

"Kalau dulu pelaporan aplikasi di sistem kesehatan itu bisa identifikasi lebih dari 400 aplikasi pelaporan secara digital, dengan SatuSehat cuma jadi delapan pelaporan," kata Wakil Menteri Kesehatan Prof. Dante Saksono Harbuwono pada Senin, 27 Februari 2023.

Baca Juga: Dorong Perbaikan Gizi Anak di Cimenyan, Bio Farma Bagikan Bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT)

Program pengembangan aplikasi SatuSehat juga diterangkan oleh Dante selaku Wakil Menteri Kesehatan sebagai upaya integrasi dari berbagai data rekam medis pasien dengan fasilitas kesehatan yang telah tersedia. Langkah tersebut diharapkan dapat mempermudah pihak Kemenkes dalam proses transformasi secara langsung kepada pihak Health Services.

"Sinergi sistem kesehatan nasional dibuat agar lebih memperkuat kesiagaan, antisipasi, respons, dan tangguh dalam menghadapi ancaman kesehatan," kata Dante.

Dirinya juga menyebutkan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait diantaranya, kepala dinas kesehatan, direktur rumah sakit, dan kepala laboratorium kesehatan masyarakat yang terdapat di berbagai daerah di Indonesia.

Langkah ini diambil karena kondisi di sejumlah kementerian/lembaga, pemerintah daerah, hingga organisasi profesi bidang kesehatan memiliki data yang berbeda-beda. 

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x