Waspada Ancaman Virus Marburg Sebabkan Tingkat Kematian 88%

- 28 Februari 2023, 19:03 WIB
Ilustrasi Virus Marburg. Waspada Ancaman Virus Marburg Sebabkan Tingkat Kematian 88%
Ilustrasi Virus Marburg. Waspada Ancaman Virus Marburg Sebabkan Tingkat Kematian 88% /Pixabay/TheDigitalArtist

Berita KBB – Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Guinea Khatulistiwa laporkan kematian sejumlah orang yang diduga demam berdarah pada 7 Februari 2023 di distrik Nsock Nsomo, provinsi timur Kie-Ntem, Rio Muni.

Sebelumnya, delapan sampel darah dikumpulkan dari kontak dan dikirim ke Centre Interdisciplinaire de Recherches Medicales de Franceville (CIRMF) di Gabon, di mana hasil menunjukkan negatif untuk virus Ebola dan Marburg melalui RT-PCR, Kamis (9/2/23).

Namun, delapan sampel tambahan dikirim kembali ke Institut Pasteur di Dakar, Senegal, Minggu (12/2/23). Satu sampel kemudian terkonfirmasi positif virus Marburg melalui serangkaian polimerase atau RT-PCR.

Kasus ini disertai demam, muntah tidak berdarah, diare berdarah, kejang-kejang, hingga meninggal dunia di Rumah Sakit Distik Ebebiyin pada Jumat (10/2/23).

Baca Juga: Sinopsis Anupamaa ANTV: Jahat! Lila Tega Permalukan Anupamaa dan Anuj di Depan Semua Orang

Menurut penyelidikan epidemiologi yang berlangsung, kasus lain ditunjukkan dengan gejala deman, lesu, muntah, dan diare berlumuran darah; dua kasus berbeda juga disertai lesi kulit dan otorrhagia atau pendarahan dari telinga.

Meski investigasi terus dilakukan terkait penambahan kasus baru, per 21 Februari 2023, WHO melaporkan jumlah kumulatif kasus adalah sembilan termasuk satu kasus terkonfirmasi, empat kasus probable, dan empat kasus suspek, yang berujung kematian.

Pada Sabtu (25/2/23), Spanyol mendeteksi kasus dugaan pertama penyakit Marburg. Seorang pasien Spanyol; pria berusia 34 ini usai melakukan perjalanan ke negara Guinea Khatulistiwa di Afrika Tengah, yang telah diisolasi di Rumah Sakit La Fe di Valencia untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Baca Juga: Sinopsis The New Legend of Shaolin di Indosiar Malam Ini: Duet Kung Fu Ayah-Anak Lindungi Shaolin dari Bahaya

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x