KKB Minta Pilot Susi Air Ditukar dengan senjata Hingga Pembebasan Masih Gunakan Pendekatan Persuasif

- 4 Maret 2023, 09:19 WIB
KKB Minta Pilot Susi Air Ditukar dengan senjata Hingga Pembebasan Masih Gunakan Pendekatan Persuasif
KKB Minta Pilot Susi Air Ditukar dengan senjata Hingga Pembebasan Masih Gunakan Pendekatan Persuasif /Tangkapan layar IG Susi Pudjiastuti /
  
 
BERITA KBB - Polri menyatakan operasi pembebasan pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Merthens, yang disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Egianus Kogoya, terkendala masalah telekomunikasi.
 
Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo, menyatakan kendala utama yang menyebabkan komunikasi berjalan lambat adalah sinyal yang buruk.
 
"Memang yang menjadi kendala utama karena di daerah Lanny Jaya itu, sinyal kan susah. Jadi, kalau mau berhubungan (komunikasi) harus mencari titik tertentu yang bisa menjangkau komunikasi," ujar Dedi, saat dihubungi, Jumat 3 Maret 2023.
 
 
Pembebasan Kapten Philip, kata Dedi, saat ini masih menggunakan pendekatan persuasif walaupun terhitung telah disandera selama tiga minggu.
 
"Jadi itu, meskipun sudah tiga pekan, upaya tetap persuasif. Artinya, komunikasi antara pemerintah daerah dan KKB itu yang masih diutamakan dulu dan yang paling utama adalah keselamatan pilot menjadi faktor penentu," ujar Dedi.
 
Dedi memastikan kondisi Kapten Philip baik. Hal tersebut dapat dipastikan berdasarkan hasil komunikasi yang terus dilakukan dengan pihak KKB.
 
"Kondisi terakhir dalam pekan ini, dari Pemda memastikan pilot baik," ujarnya.
 
Pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Egianus Kogoya, diinformasikan pernah menyampaikan minta pertukaran antara Kapten Philip dengan uang serta senjata sebagai tebusannya. Hal tersebut disampaikan oleh Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fakhiri, Kamis 23 Februari 2023.
 
 
Terlepas dari permintaan tersebut, kepolisian mengedepankan negosiasi dengan Egianus Kogoya untuk mendapatkan kepastian apa yang diinginkan. 
 
Pihak TNI-Polri juga sudah siap untuk melaksanakan operasi penegakan hukum apabila negosiasi yang dilakukan tidak menemui jalan keluar.
 
Dalam upaya pembebasan pilot Susi Air yang hingga saat ini belum membuahkan hasil, Mathius mengatakan, medan yang harus ditempuh sangat menyulitkan aparat keamanan. 
 
Walaupun demikian, aparat terus berusaha dan meminta doa kepada seluruh masyarakat agar masalah tersebut dapat diselesaikan dengan baik. 
 
"Tentunya ini tidak mudah apabila penyanderaan di daerah kota, karena medan di sana adalah pegunungan dengan ketinggian 2.000 hingga 3.000 meter. Kami mohon doanya agar bisa mencapai hasil yang maksimal," tutur Mathius.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x