Pemprov DKI Jakarta Dampingi Para Penyintas di Pengungsian Warga Terdampak Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

- 6 Maret 2023, 06:44 WIB
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Ibu Negara Iriana Joko WIdodo (kiri) dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kanan) mengunjungi pengungsi korban terdampak kebakaran Depo Pertamina di RPTRA Rasela, Rawa Badak, Jakarta Utara, MInggu (5/3/2023).
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Ibu Negara Iriana Joko WIdodo (kiri) dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kanan) mengunjungi pengungsi korban terdampak kebakaran Depo Pertamina di RPTRA Rasela, Rawa Badak, Jakarta Utara, MInggu (5/3/2023). /Antara Foto/ M. Risyal Hidayat/
 
 
BERITA KBB - Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono kembali meninjau lokasi pengungsian warga terdampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang di RPTRA Rasela, Rawabadak Selatan, Koja, Jakarta Utara.
 
Dia datang menemani Presiden Presiden RI Joko Widodo dan Menteri BUMN Erick Thohir yang mendatangi lokasi kejadian pada Minggu 5 Maret 2023.
 
Jokowi meminta Heru dan Erick Thohir untuk segera mencari solusi jangka panjang agar kejadian yang sama tak terulang lagi ke depannya.
 
 
"Presiden berpesan bahwa keamanan dan keselamatan masyarakat harus menjadi prioritas utama. Oleh karena itu, evaluasi akan dilakukan untuk meninjau kembali zonasi serta langkah ke depan," ujar Pj Gubernur Heru dalam keterangannya.
 
Heru juga menyampaikan, pihaknya akan terus mendampingi para penyintas di pengungsian dalam berbagai aspek, mulai dari kesehatan fisik hingga mental, agar proses pemulihan korban berjalan lancar.
 
Presiden Jokowi melihat kondisi korban yang mengungsi RPTRA Rasela dan membagikan makanan pada pengungsi di tenda. 
 
Setelahnya dia berdiskusi dengan sejumlah menteri membicarakan soal penanganan pengungsi.
 
 
Selain Heru dan Erick, Jokowi datang di damping Ibu negara Iriana Joko Widodo, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, serta Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto.
 
Dalam kunjungannya Jokowi menyampaikan duka terhadap insiden tersebut dan meminta adanya penanganan agar hal serupa tak terulang kembali.
 
"Saya ingin menyampaikan ucapan bela sungkawa kepada para korban atas kejadian di Plumpang ini. Kemudian yang kedua, saya sudah perintahkan kepada Menteri BUMN dan juga Gubernur DKI untuk segera mencari solusi dari kejadian yang terjadi di Plumpang. Terutama, karena ini zona yang bahaya," ujarnya.
 
"Tidak bisa lagi ditinggali, tetapi harus ada solusinya. Bisa saja Plumpangnya digeser ke reklamasi atau penduduknya yang digeser ke relokasi," ujarnya.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x