Hati-Hati Menyeberang Selat Sunda! Berikut Peringatan Gelombang Tinggi di Perairan Seluruh Indonesia Hari Ini

- 14 Maret 2023, 09:34 WIB
Hati-Hati Menyeberang Selat Sunda! Berikut Peringatan Gelombang Tinggi di Perairan Seluruh Indonesia Hari Ini
Hati-Hati Menyeberang Selat Sunda! Berikut Peringatan Gelombang Tinggi di Perairan Seluruh Indonesia Hari Ini /
 

Berita KBB - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan gelombang tinggi yang terpantau di sejumlah perairan Indonesia, Selasa 14 Maret 2023 pagi.

Menurut BMKG, tinggi gelombang di sejumlah perairan Indonesia terpantau berketinggian sedang hingga tinggi, antara 1,25 meter hingga 4 meter.

Diketahui, pola angin di perairan Indonesia bagian utara kebanyakan bertiup dari arah barat laut ke arah timur laut. Sedangkan di perairan bagian selatan, angin cenderung bertiup dari arah tenggara ke arah barat daya.

Baca Juga: Ada Laga Dewa United vs Barito Putera dan Persikabo vs RANS Nusantara, Ini Jadwal Acara Indosiar 14 Maret 2023

Kecepatan angin sendiri berkisar 3 - 20 knot atau 5 - 37 kilometer per jam, dengan kecepatan tertinggi masih terpantau di Laut Natuna Utara, perairan Kepulauan Anambas - Kepulauan Natuna, dan Laut Natuna seperti hari kemarin.


Mana sajakah perairan Indonesia yang terpantau bergelombang sedang dan tinggi pada hari ini? Berikut Berita KBB rangkum informasinya berdasarkan pada situs resmi BMKG.


Perairan Dengan Gelombang Sedang (1,25 - 2,5 Meter)


BMKG memantau gelombang berketinggian sedang di Selat Malaka bagian utara, perairan utara Sabang, perairan barat Aceh hingga Kepulauan Mentawai, perairan Pulau Enggano – Bengkulu, perairan barat Lampung, dan Samudra Hindia barat Aceh hingga Nias.


Gelombang 1,25 - 2,5 meter ini juga terpantau di Selat Sunda bagian barat – selatan, perairan selatan Pulau Jawa hingga Pulau Sumba, Selat Bali, Lombok, Alas bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, dan Samudra Hindia selatan Bali – Nusa Tenggara Timur.


Selain itu, gelombang sedang juga terpantau di Perairan Timur Bintan – Kepulauan Lingga, Laut Natuna, perairan Bangka – Belitung, Selat Karimata, perairan Kalimantan utara Laut Sulawesi bagian barat – tengah, perairan Kepulauan Sangihe – Kepulauan Talaud.


BMKG juga memantau adanya gelombang sedang di Laut Maluku bagian utara, Perairan utara Kepulauan Halmahera, Laut Halmahera, dan Samudra Pasifik utara Halmahera – Papua Barat.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x