Bulan Mei Ada Gerhana Bulan Penumbra dan Dapat Disaksikan di Seluruh Indonesia, Catat Waktunya!

- 27 April 2023, 12:02 WIB
Topik yang bisa kita buat hari ini, mulai dari kabar AKBP Achiruddin yang punya gudang solar hingga suhu terpanas ada di Ciputat  *Fakta-fakta baru AKBP Achiruddin* - CCTV rumah rusak saat penganiayaan, Ferdy Sambo jilid 2? - Siapa Ken Admiral dan Aditya Hasibuan? Apa hubungan keduanya? Profil Dinda
Topik yang bisa kita buat hari ini, mulai dari kabar AKBP Achiruddin yang punya gudang solar hingga suhu terpanas ada di Ciputat *Fakta-fakta baru AKBP Achiruddin* - CCTV rumah rusak saat penganiayaan, Ferdy Sambo jilid 2? - Siapa Ken Admiral dan Aditya Hasibuan? Apa hubungan keduanya? Profil Dinda /Pixabay
 

Berita KBB - Setelah Gerhana Matahari Hibrida yang terjadi pada Kamis 20 April 2023 pekan lalu, berikutnya masyarakat Indonesia akan disuguhkan fenomena Gerhana Bulan Penumbra pada Mei mendatang.

Gerhana bulan merupakan fenomena di mana posisi Bumi berada di antara Matahari dan Bulan, sehingga cahaya Matahari yang menyinari Bulan sebagian besar terhalang oleh Bumi. 

Pada Gerhana Bulan Penumbra, posisi Bumi sejajar di antara Matahari dan Bulan, sehingga Bulan masuk ke bayangan penumbra Bumi. Akibatnya, cahaya Bulan akan tampak temaram dibandingkan saat purnama.

Baca Juga: Jadwal TV di MNCTV Kamis 27 April 2023 dan Link Live Streaming, Ada Upin Ipin Libur Telah Tiba dan Family 100

Berdasarkan siaran pers Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang diperoleh Berita KBB pada Kamis 27 April 2023, Gerhana Bulan Penumbra akan terjadi pada Jumat dan Sabtu, 5 - 6 Mei 2023 pekan depan.

Fase gerhana akan dimulai pada pukul 22.12.09 WIB, kemudian puncak gerhana terjadi pada pukul 00.22.52, dan berakhir pada 02.33.36 WIB. Durasi total Gerhana Bulan Penumbra ini adalah 4 jam 21 menit 28 detik.

Seluruh fase Gerhana Bulan Penumbra ini dapat disaksikan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia. Secara global, gerhana ini dapat disaksikan juga secara penuh di sebagian Asia, Australia, sebagian kecil Afrika timur, dan sebagian Rusia tengah.

Baca Juga: Sinopsis Daftar Pemain FTV Satu Kata Buat Calon Pacar Gadungan Lo, Ada Glenca Chysara dan Ridwan Ghani

Sebagian wilayah lainnya di dunia hanya dapat menyaksikan sebagian fase Gerhana Bulan Penumbra saat terbit dan terbenam. Fase gerhana saat bulan terbit dapat disaksikan di sebagian besar Afrika, sebagian semenanjung Arab, sebagian besar Eropa, dan Rusia barat dan timur. 

Fase gerhana saat bulan terbenam dapat disaksikan di Samudra Pasifik. Gerhana Bulan Penumbra tidak dapat diamati dari Amerika, sebagian kecil Eropa barat, dan sebagian kecil Afrika barat.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Vidio.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x